JawaPos Radar

Kotak Raih 9 Platinum dari Album Rock N Love

02/12/2016, 01:09 WIB | Editor: Mochamad Nur
Kotak Raih 9 Platinum dari Album Rock N Love
Kotak saat menerima 9 Platinum di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (1/12). (Dedi Yondra/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Band rock Kotak baru saja mendapat penghargaan dari Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI). Penghargaan itu adalah 9 Platinum berkat penjualan album Rock N' Love pada 2015 lalu.

Menurut pihak ASIRI, terjadi perbedaan untuk pola perhitungan Patinum saat ini. Kali ini ditetapkan berdasar nominal uang dari penjualan album atau lagu secara fisik dan digital. 1 Platinum setara Rp 1 Milyar, dan 1 Gold dengan setara Rp 500 juta.

"Medianya berubah, dulu secara fisik tapi sekarang sesuai value. Kotak mendapat Rp 9 Milyar jadi 9 Platinum," kata General Manager ASIRI Ventha Lesmana di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (1/12).

Pihak ASIRI menambahkan, metode ini sudah lazim digunakan untuk memberi sertifikasi musik. Terutama di industri musik luar negeri.

"Penjualan fisik udah turun, sekarang hitungnya dari streaming, download. Cara hitungnya, share ke label berapa. Uang yang diterima label dan penjualan," jelasnya.

Namun Ventha Lesmana menyebut belum semua album disertifikasi oleh ASIRI.

Sementara itu Cella, Chua, dan Tantri dari Kotak mengaku senang dengan 9 Platinum tersebut.

"Kami berkarya tidak ada target, dan secara jujur. Terimakasih atas penghargaan ini, semoga album baru Long Live Kotak bisa melebihi itu," ucap Tantri. (ded/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up