alexametrics

Sutradara Sebut Video Singkat Berpotensi jadi Format Karya Film Baru

1 Agustus 2020, 01:01:47 WIB

JawaPos.com – Masyarakat kini makin kreatif dalam membuat kerangka alur cerita lewat platform distribusi video singkat. Akses teknologi yang semakin terbuka membuat masyarakat semakin mudah membuat konten.

Riset berjudul What You Watched in a Day mengungkapkan bahwa dua alasan terbesar mengonsumsi video singkat adalah untuk mempelajari hal baru dan menggali minat diri. Bahkan sutradara film singkat dan pemenang penghargaan, Jason Iskandar, melihat potensi video singkat sebagai bentuk kreativitas baru di industri film.

“Cukup banyak generasi muda yang tertarik untuk terjun ke dunia film sebagai orang di balik layar, tapi belum tahu harus mulai dari mana,” kata pendiri Studio Antelope itu dalam konferensi pers virtual baru-baru ini.

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan format video singkat nantinya bisa menjadi format karya film baru. “Yang bisa membantu mengasah kemampuan mereka untuk memproduksi atau menyutradarai film berdurasi panjang ke depannya,” kata Jason.

Tren konten edukasi lewat video singkat ini semakin populer. Tren ini semakin berkembang dengan diluncurkannya program #SamaSamaBelajar pada bulan Mei lalu. Lalu akan ada pula kompetisi #BerbagiIlmu yang mendapat antusiasme yang cukup besar dan akan berakhir pada 31 Juli ini. Kemudian akan dilanjutkan dengan kompetisi #BerbagiFakta di bulan Agustus.

Angga Anugrah Putra, Head of Users and Content Operations, TikTok Indonesia mengatakan melalui kompetisi ini masyarakat bisa membagikan video tentang konten seputar pengetahuan umum atau seputar profesinya, atau konten seputar motivasi, bisnis, dan fakta menarik. Sedangkan dalam kompetisi #BerbagiSkill, semua pengguna berkesempatan untuk berbagi tips dan tutorial DIY dan life hack sehari-hari.

“Sebagai platform yang inklusif, siapa pun berkesempatan untuk berbagi kemampuan dan keahliannya dan menginspirasi pengguna lain untuk belajar dan bahkan ikut berbagi pengetahuan mereka. Kedepannya, kami akan terus mendorong pengguna untuk memperkaya konten edukasi ini dengan berpartisipasi di berbagai program yang kami adakan,” tandasnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads