JawaPos Radar

Bordir Khas Tasikmalaya dari IFW Hingga Pasar Amerika Serikat

31/03/2018, 07:10 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Bordir Khas Tasikmalaya dari IFW Hingga Pasar Amerika Serikat
Bordir Tasikmalaya oleh desainer Nani Oktaviani (Rieska Virdhani/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Selain batik dan tenun, ada pula teknik bordir. Berbagai koleksi busana dengan teknik hiasan bordir juga ramai mewarnai pameran di ajang Indonesia Fashion Week (IFW) 2018.

Salah satunya bordir Tasikmalaya yang kian populer di kalangan pencinta dalam dan luar negeri. Seperti yang dilakukan Nani Oktaviani. Selain menampilkannya di ajang IFW 2018, desainer Nani Oktaviani memamerkan busana bordir Tasikmalaya di Amerika Serikat beberapa waktu lalu untuk pemutaran film lokal, Sajak Kala.

Nani tidak menyangka bahwa kedatangannya di Amerika Serikat sebagai pengisi acara ternyata menjadi angin segar untuk bisnisnya. Setelah memamerkan di depan para tamu sekitar 30 koleksinya laku terjual.

“Seminggu lalu saya show di luar untuk mengisi dan busana saya habis masyarakat Amerika Serikat begitu tertarik dan antusias. 30 koleksi laku keras," katanya kepada wartawan, Jumat (30/3).

Dia menuturkan keindahan ukiran bordir Tasikmalaya yang dibuat pada kain kebaya atau produk lain, membuat masyarakat Amerika Serikat kagum. Menurutnya, bordir Tasikmalaya memiliki tampilan yang unik dan timbul.

Satu baju dengan bordir tasikmalaya pun dia jual sekitar Rp 2 juta hingga Rp 4 juta lebih. Tak tanggung-tanggung sekitar Rp 70 juta dalam sehari pun dia kantongi.

Melihat adanya pasar dan peluang, Nani berniat akan serius menjual baju bordiri ini ke Amerika Serikat lebih gencar. Nani mengkhususkan koleksinya untuk wanita dewasa menengah keatas.

“Karena saya bawanya perorangan waktu itu sekitar Rp 70 juta saya dapatkan dalam sehari. Saya sekarang fokus saja ke bordir karena ini ternyata pasarnya sangat besar dan saya mulai dari Amerika Serikat baru Eropa dan Timur Tengah,” katanya.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up