alexametrics

Minum Teh Jahe Bisa Turunkan Berat Badan, Raih 3 Khasiatnya

31 Januari 2019, 07:10:08 WIB

JawaPos.com – Tak perlu menyiksa diri dengan diet ekstra ketat untuk menurunkan berat badan. Cukup dengan menjaga pola makan dan dengan mengosumsi jahe. Benarkah ampuh menurunkan berat badan?

Teh jahe segar bisa meningkatkan metabolisme. Namun tetap ingat, teh jahe saja tidak dapat melakukan keajaiban dalam menurunkan berat badan, tetapi dapat digunakan bersama dengan pola makan dan olahraga.

Teh jahe adalah obat yang populer dan alami untuk berbagai gangguan pencernaan, termasuk sakit perut, muntah, dan gastritis. Jahe juga merupakan obat untuk flu dan batuk.  Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Maastricht, Belanda, menemukan bahwa ramuan ini mengandung jenis kafein yang membantu menurunkan berat badan.

jahe, manfaat jahe, teh jahe, minuman jahe, tips langsing, tips turunkan berat badan,
Teh jahe segar bisa meningkatkan metabolisme. (The Chopra Center)

Dijuluki sebagai ‘amfetamin yang dapat dimakan’, teh jahe meningkatkan thermogenesis dan mengekang rasa lapar. Menjaga rasa lapar tetap terkendali adalah hal terpenting dalam hal menurunkan berat badan. Dan, ini telah dibuktikan oleh peneliti yang melakukan penelitian di Institute for Human Nutrition, Columbia University.

Namun, Penelitian lain yang diterbitkan oleh peneliti Jepang L.K. Han memperkuat sifat jahe yang disebutkan. Studinya, yang dilakukan pada tikus, diterbitkan dalam ‘Jurnal Masyarakat Farmasi Jepang’ pada tahun 2008.

Secangkir teh jahe 240 ml memberi seseorang hampir 10 kalori. Minuman itu membuat rasa lapar tetap terkendali. Anda bisa menyiapkan teh herbal ini dari akar jahe segar yang diparut atau dengan menambahkan bubuk jahe kering.

Cukup panaskan air biarkan mendidih. Tambahkan parutan jahe dan didihkan selama 5 menit. Saring dan tambahkan madu jika diinginkan. Minum hangat.

Dilansor dari Style Craze, Rabu (30/1), terdapat tiga khasiat jahe untuk menurunkan berat badan.

Tingkatkan Pencernaan

Teh jahe memiliki potensi meningkatkan daya pencernaan. Jahe mengekang nafsu makan dan menjaga gula darah yang berputar serta kadar kolesterol tetap terkendali. Cukup minum secangkir teh yang dibuat dengan jahe segar sebelum makan untuk menghindari perut kembung dan merangsang pencernaan. Pastikan Anda meminumnya panas dan bukan hangat untuk manfaat yang lebih baik.

Mengatur Level Kortisol

Kortisol, hormon pemicu stres, adalah pemicu utama di balik lemak perut yang tidak diinginkan itu. Studi yang muncul dalam artikel Biological and Pharmaceutical Bulletin pada tahun 2004 menunjukkan bahwa jahe memiliki potensi untuk menghambat sintesis kortisol. Minuman anti stres ini melindungi Anda dari kortisol yang diinduksi menambah berat badan.

Tingkatkan Energi

Pastikan minum 250 ml teh jahe 15 menit sebelum makan. Anda dapat menggabungkan teh jahe dengan makanan pembakaran lemak lainnya untuk hasil yang lebih baik.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Minum Teh Jahe Bisa Turunkan Berat Badan, Raih 3 Khasiatnya