alexametrics

Cara Pemakaian Popok yang Benar, Utamakan Kenyamanan si Kecil

30 Oktober 2018, 08:25:30 WIB

JawaPos.com – Optimalnya tumbuh kembang anak bermula dari kenyamanan si buah hati. Proses laktasi bayi akan lancar jika tidak memiliki keluhan dari dirinya. Oleh karena itu, sang ibu harus memastikan bahwa anak terhindar dari faktor yang membuat anak tidak nyaman, misalnya gatal-gatal akibat penggunaan popok.

Menurut dr. Dini Adityarini, Sp.A dari RSIA Kendangsari MERR, popok menjadi salah satu unsur penting bayi merasa nyaman atau tidak. Bayi di bawah 5 tahun kerap kali mengalami ruam popok seperti muncul bercak kemerahan yang meradang di kulitnya. Ini menimbulkan rasa gatal, perih dan tidak nyaman pada bayi.

Ruam biasa terjadi di area yang tertutup popok, seperti sekitar bokong, pangkal paha bagian dalam, dan sekitar kemaluan. Sedangkan penyebabnya adalah pemakaian popok yang terlalu kencang, sisa urin dan kotoran bayi yang dibiarkan membuat kulit menjadi lembap dan membuat kulit bayi gatal hingga menyebabkan infeksi saluran kencing karena terpapar bakteri.

Untuk menghindari ruam popok, maka popok harus diganti dengan cara yang benar. Di antaranya, arah membersihkan kelamin bayi harus dari depan ke belakang untuk menghindari bakteri yang ada di feses translokasi ke saluran kemih. Kemudian, menggunakan air yang mengalir dari arah depan ke belakang, jangan hanya mengusap dengan tisu basah karena juga akan menimbulkan iritasi. Tidak menaburkan bedak di sekitar kelamin saat mengganti popok.

“Orang tua harus menggantikan popok bayinya minimal 6 kali sehari, jangan di bawah itu frekuensinya. Popok harus langsung diganti segera setelah bayi buang air besar (BAB),” kata Dini Adityarini sebagaimana keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Senin (29/10).

Selanjutnya, jangan biarkan sampai feses mengering dalam popok yang dapat menyebabkan paparan bakteri pada kulit bayi. Terakhir, jangan menggunakan popok ukuran yang sama tanpa mengetahui berat badan balita pastinya.

Popok yang direkomendasikan untuk bayi adalah mengandung Super Absorbent Polymer yang dapat menyerap 50 persen lebih banyak. Kriteria tersebut salah satunya dimiliki popok Baby Happy. Selain menyerap lebih banyak, popok ini juga berteknologi double pressure sehingga tipis. Kemudian, memiliki karet pinggang yang lebih tinggi dan fleksibel sehingga tidak mudah melorot karena menggunakan perekat ultra sonic.

Editor : Novianti Setuningsih

Reporter : (Inr/JPC)

Copy Editor :

Cara Pemakaian Popok yang Benar, Utamakan Kenyamanan si Kecil