JawaPos Radar | Iklan Jitu

5 Makanan Ini Mampu Tingkatkan Hormon Kebahagiaan

30 September 2018, 06:20:59 WIB | Editor: Novianti Setuningsih
5 Makanan Ini Mampu Tingkatkan Hormon Kebahagiaan
Ilustrasi: Memakan tomat ceri atau alpukat, serta minum susu ternyata bisa meningkatkan hormon bahagia. (boldsky)
Share this

JawaPos.com - Untuk meraih kebahagiaan dapat dicapai melalui berbagai cara, salah satunya  adalah pikiran yang fresh atau pencapaian dalam pekerjaan. Namun, kebahagiaan juga bisa didapat melalui perubahan gaya hidup sehat terutama konsumsi makanan.

Dilansir dari Boldsky, Sabtu (29/9), otak manusia memiliki empat komponen utama yang membentuk hormon bahagia, yaitu dopamin, serotonin, endorfin, dan oksitosin. Hormon-hormon tersebut dapat merangsang rasa bahagia sekaligus mengurangi kecemasan.

Untuk meningkatkan hormon tersebut, salah satunya berasal dari 5 sumber makanan sehat yang bisa dikonsumsi sehari-hari. Apa saja?

5 Makanan Ini Mampu Tingkatkan Hormon Kebahagiaan
Likopen yang terkandung dalam tomat ceri ternyata ampuh mengatasi depresi. (boldsky)

1. Dark Chocolate

Cokelat hitam dikemas penuh dengan antioksidan. Cokelat hitam dapat meningkatkan suasana hati secara alami karena adanya N-acylethanolamine, sekelompok bahan kimia yang menstimulasi otak untuk melepaskan endorfin. Itulah alasan mengapa mengalami perasaan euforia setelah mengonsumsi sebatang cokelat hitam.

Selain itu, cokelat hitam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kesehatan jantung, dan meningkatkan fungsi kognitif untuk beberapa orang.

2. Alpukat

Alpukat mengandung asam lemak omega-3 yang telah dikaitkan dengan kesehatan otak dan mengatur suasana hati. Buah ini juga banyak mengandung vitamin B3 yang mampu meningkatkan serotonin.

Serotonin mau pun vitamin B3 memainkan peran penting dalam kesehatan.

3. Tomat Ceri

Tomat adalah sumber likopen yang sangat baik, antioksidan yang melindungi otak, dan memerangi depresi. Para peneliti menemukan bahwa salah satu manfaat terbesar dari likopen adalah mencegah penumpukan senyawa pro-inflamasi yang telah dikaitkan dengan depresi.

4. Kacang dan Biji-bijian

Kacang-kacangan mengandung vitamin B, asam lemak omega-3, magnesium dan seng yang menjaga tingkat hormon stres kortisol rendah. Kacang-kacangan seperti walnut, almond, dan biji labu merangsang produksi endorfin yang kemudian dilepaskan ke aliran darah untuk menimbulkan perasaan euforia, menghilangkan stres dan meningkatkan kesenangan.

5. Susu

Susu dikenal untuk meningkatkan mood karena mengandung senyawa yang disebut tryptophan yang akan dikonversi menjadi serotonin. Hormon serotonin merupakan hormon bahagia yang membantu dalam mengatur suasana hati.

Sementara itu, protein yang ditemukan dalam susu yang dikenal sebagai laktium memiliki efek menenangkan pada tubuh.

(ce1/fid/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up