alexametrics

Bumbu Dapur Favorit, Buktikan 6 Khasiat Minum Air Jahe dan Madu

30 April 2019, 11:43:10 WIB

JawaPos.com – Jahe adalah salah satu bumbu dapur favorit selain bawang putih. Sebab jahe dan bawang putih paling banyak digunakan dalam masakan apapun. Bahkan masakan Tionghoa dan Jepang paling banyak menggunakan jahe untuk menghilangkan bau amis dari bahan-bahan seafood.

“Biasanya sih paling banyak kami gunakan bumbu jahe. Sebab jahe bisa membuat masakan lebih harum dan sedap. Saus yang dihidangkan bisa berupa saus sambal biasa atau resep otentik seperti kecap asin, cuka pun dicampur irisan jahe,” kata Chef Resto Momiji Hotel Aston Simatupang, Didi Aliyadi, kepada JawaPos.com baru-baru ini.

Tak hanya makanan, jahe juga banyak digunakan sebagai minuman. Bahkan, jahe juga berkhasiat sebagai obat apalagi ketika dicampur dengan madu. Dilansir dari She The People, Selasa (30/4), jahe bisa mengatasi pilek dan batuk. Apalagi ketika merebusnya ditambahkan madu. Minum secara rutin maka akan terasa khasiatnya. Berikut enam manfaat minuman jahe campur madu.

Obat Flu Rumahan

Madu dan jahe membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan menenangkan tenggorokan. Madu juga berfungsi sebagai pereda batuk alami. Keduanya bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Maka tubuh menolak masuknya virus berbahaya.

Lakukan pengobatan alami di rumah ketika anak terserang batuk dan pilek. (Todays Parent)

Atasi Gangguan Pencernaan

Jahe hadir dengan khasiat untuk masalah pencernaan. Jahe dan madu memiliki sifat antioksidan yang memperkuat sistem kekebalan tubuh kita.

Redakan Kram Menstruasi

Kram menstruasi menyakitkan tetapi merupakan bagian rutin bulanan. Ketika madu digabungkan dengan jahe, campuran ini mengendurkan otot dan mengurangi rasa sakit secara efektif.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jahe dan madu juga diketahui menunjukkan efek menstabilkan bagi jantung dan mengurangi ketegangan dalam pembuluh darah. Jahe dan madu membantu menurunkan tekanan darah dan juga melindungi tubuh agar tidak rentan terhadap masalah kesehatan seperti stroke dan serangan jantung.

Meredakan Stres

Stres sudah menjadi bagian dari tubuh kita. Khasiat penyembuhan dan aroma yang kuat dari jahe dan madu telah terbukti sebagai penghilang stres.

Obati Nyeri

Jahe memiliki dua tujuan untuk penghilang rasa sakit dan migrain. Pertama, membantu menurunkan rasa sakit. Kedua, juga baik untuk otak. Jahe juga diberkahi dengan sifat anti inflamasi sehingga merawat jaringan yang bengkak dan mengatasi rasa sakit.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani