JawaPos Radar

Keren, Batik Betawi Pesisir Terbang Hingga ke Moskow

29/07/2018, 09:18 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Keren, Batik Betawi Pesisir Terbang Hingga ke Moskow
Batik Betawi karya ELEMWE yang akan dibawa ke festival Indonesia Moscow 2018 (ELEMWE)
Share this

JawaPos.com - Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki batik dengan ciri khas corak yang beragam. Termasuk di ibukota Jakarta, batik yang ditampilkan lebih bertema batik pesisir karena di era lampau Jakarta merupakan kota pelabuhan. Kini, batik pesisir dari Betawi mulai dikenal di mancanegara, salah satunya Moskow, Rusia.

Batik Betawi akan berkibar di ajang Indonesia Moscow 2018. Label ELEMWE membawa batik Betawi dengan tema 'Betawi Pesisir' ke sana. Even yang kali kedua digelar ini bertujuan membuka dan memperluas hubungan bisnis antara Indonesia dan Moskow serta memperkenalkan seni budaya Indonesia.

Ada empat outfit akan ditampilkan di Moskow pada tanggal 2-5 Agustus 2018 nanti. Motif baru yang diperkenalkan adalah Bango Tilil, Tarum, dan Silingkit nama-nama tersebut memiliki cerita dan arti masing-masing.

Detail cutting, dan material bahan yang digunakan kali ini adalah model coat atau trench coat. Bahan kain batik tulis katun, bulu, kulit dan asesoris payet.

"Melihat kesuksesan tahun lalu, tahun ini menjadi kesempatan untuk kami menambah networking, memperluas pemasaran dan meningkatkan pembelian, serta merealisasikan salah satu visi misi ELEMWE itu sendiri, yaitu membantu memperkenalkan seni budaya Jakarta serta makin memperkenalkan hasil dari para perajin batik di Indonesia," kata Pemilik dan sekaligus Desainer ELEMWE, Lily Mariasari kepada JawaPos.com, Minggu (29/7).

Menurut Lily, minat warga asing terhadap batik Betawi kian meningkat setiap tahunnya. Hal ini tidak lepas dari usahanya dalam memperkenalkan batik Betawi ke beberapa negara.

"Alhamdulillah makin banyak orang yang mengenal batik Betawi, saat ini ELEMWE sudah mulai dipercaya untuk berpartisipasi dalam beberapa kegiatan baik yang bersifat nasional ataupun international," jelas Lily. 

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up