JawaPos Radar

Musa Widyatmodjo Tuangkan Nafas Borobudur Lewat Koleksi Busana di IFW

29/03/2018, 17:06 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Musa Widyatmodjo Tuangkan Nafas Borobudur Lewat Koleksi Busana di IFW
Musa Widyatmodjo di IFW 2018 (Rieska Virdhani/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Desainer fashion Musa Widyatmodjo ditantang untuk membuat karya terbaiknya di ajang Indonesia Fashion Week (IFW) 2018. Kalo ini, Musa akan menampilkan karyanya yang terinspirasi dari kekayaan budaya Indonesia, Borobudur. 

"Koleksi saya bertema Borobudur tapi enggak kelihatan Borobudur, ada nuansa batik pun tapi enggak kelihatan batiknya. Ini tantangan kita bawa Indonesia ke pasar global. Misi saya pribadi, saya bermimpi bisa globalkan value Indonesia jadi fashion dunia," kata Musa dalam konferensi pers di Jakarta Convention Center, Rabu (29/3).

Untuk koleksi kali ini, Musa Widyatmodjo menggunakan teknik tradisional seperti sulam, tenun, batik, dan bordir yang dijadikan menjadi satu kesatuan. Sedangkan, motifnya akan bernuansa kontemporer namun tetap terkesan internasional look.

Dengan tema 'Senja', Musa menampilkan 14 look dengan 12 set  busana perempuan, sisanya koleksi laki-laki. Dari koleksinya kali ini, ia ingin menampilkan sesuatu yang kontroversi antara motif tradisional dengan gaya modern dalam satu koleksi. Gaya Budha, Biksu dan bunga teratai di Borobudur menjadi inspirasi.

"Mengapa Biksu itu pakaiannya warnanya oranye, ternyata filosofisnya dulu kain mereka pada dasarnya putih. Tetapi direndam dengan kunyit maka menjadi oranye. Itu juga yang ditampilkan dalam penampilan koleksi saya," ujar Musa Widyatmodjo.

Musa Widyatmodjo berpesan apapun karya anak bangsa jika tak mempunyai akar tradisional dan warisan budaya yang kuat, maka tetap akan kalah bersaing. Produk dalam negeri akan tergilas sekelas produk Tiongkok, Taiwan dan Hongkong.

"Maka siapapun dan setinggi apapun pendidikan anak bangsa tetap harus back to root kembali ke budaya kita," tegasnya. Pagelaran busana Musa akan berlangsung, Kamis 29 Maret 2018 di JCC pukul 18.00 WIB bersama delapan desainer lainnya. 

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up