JawaPos Radar

Punya Kulit Coklat, Ini Tips Berdandan yang Pas dari MUA Korea

27/01/2018, 14:30 WIB | Editor: Novianti Setuningsih
Innisfree
Rangkaian produk My Palette Innisfree. (Yuliani NN/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Memiliki kulit wajah yang agak gelap, terkadang membuat pemiliknya tidak percaya diri bermain atau mengaplikasikan produk make-up ke wajahnya. Namun, Make-Up Artist (MUA) ternama Korea, Kim Eunji, mengatakan bahwa semua warna kulit cocok mengenakan make-up asal tahu jenis yang cocok dengan warna kulitnya.

Menurutnya, pengenalan wanita akan warna kulitnya sendiri kurang. Padahal, itu langkah awal yang penting dalam berdandan. Dengan mengenali warna kulit, maka akan didapat warna foundation, eyeshdow, hingga lipstik yang cocok.

Dalam workshop yang digelar Innisfree, Jumat (26/1), Kim Eunji berbagi tips berdandan untuk perempuan dengan kulit cokelat, seperti dimiliki perempuan di Indonesia.

Rihanna
Ilustrasi make-up untuk wanita berkulit cokelat. (pinterest)

1. Gunakan warm colour untuk pemilik wajah agak gelap dan cool colour untuk pemilik wajah cerah

Namun, ungkapnya, warna warm cenderung lebih gelap. Jadi, mungkin ada kesulitan mengaplikasikannya. Oleh karena itu, dibutuhkan menggunakan make-up base sebelumnya.

"Ini akan agak sulit namun bisa jika memilih warna sesuai kebutuhan kulit. jangan lupa oleskan make-up base sebelum memulai make-up."

2. Gunakan Eye Primer

Indonesia beriklim cukup panas, maka Kim Eunji menyarakan untuk menggunakan Eye Primer (alas bedak khusus untuk mata) sebelum pengaplikasian eye shadow.

"Pertama, oleskan eye primer. Untuk negara yang panas, eye shadow akan lebih tahan lama dengan eye primer," lanjutnya.

3. Gunakan Eye Shadow warna Dark Brown atau coklat tua

Kemudian, dia menyarankan untuk menggunakan eye shadow warna coklat tua. Kemudian, warna coklat yang sedikit lebih muda pada kelopak matanya dengan brush kecil.

Bagian terpentingnya adalah dua warna yang sudah diaplikasikan pada kelopak mata tadi, kemudian diratakan dengan brush yang lebih besar dan berbentuk bulat.

4. Gunakan Shimmer

Untuk mendapatkan riasan kelopak mata yang paripurna, maka bisa ditambahkan shimmer.

Bahkan, Kim Eunji menyarankan mengaplikasikan shimmer juga di bawah mata. Menurutnya, meskipun berkulit gelap, bagian bawah mata boleh menggunakan warna cerah. Lalu aplikasikan glitter menggunakan jari tangan.

5. Gunakan warna terang di sudut mata dekat hidung

Selanjutnya, gunakan warna terang di bagian depan atau ujung mata untuk membuat kesan lebih cerah ke wajah.

6. Gambar Eyeliner di Ujung Mata Saja

Kemudian, aplikasikan Eyeliner yang hanya di gambar di ujung mata dengan warna hitam untuk menegaskan saja.

"Mata orang Indonesia yang sudah cantik akan lebih bagus digambar dengan pensil diujungnya saja. Kemudian, aplikasikan eyeshadow di atasnya" ujarnya.

7. Gunakan Double Maskara

Sementara itu, Kim Eunji mengungkapkan bahwa wanita Korea memakai 2-3 jenis maskara. Pertama, pakai maskara yang tipis di bulu mata bagian atas dan bawah. Kemudian, menggunakan volume mascara sehingga matanya terlihat lebih tajam.

"Tipe warm akan cocok memakai yang matte dibanding glossy. Berkebalikan dengan tipe cool. Sehingga, blush yang diaplikasikan menggunakan warna lembut. Warna lembut dipilih karena lipstik yang digunakan cocoknya warna gelap, seperti merah dan burgundy. Tujuannya agar perhatian fokus ke warna lipstik," katanya.

(ce1/yln/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up