alexametrics

Oscar Lawalata Pamerkan Keindahan Batik ke Paris

26 Oktober 2017, 12:59:24 WIB

JawaPos.com – Desainer asal Indonesia terus membuktikan kemampuan di kancah internasional. Kali ini giliran desainer Oscar Lawalata yang akan memamerkan busana rancangannya di luar negeri, tepatnya di Paris.

Oscar Lawalata mengatakan bahwa keberangkatannya nanti membawa misi khusus, yakni untuk mempromosikan batik. Berbagai aspek dari batik bakal ditampilkannya dalam pameran di UNESCO Head Quarter, Paris pada Juni 2018 mendatang.

“Sejak diberi penganugerahan batik oleh UNESCO sekitar 2009, kita belum memperlihatkan kembali kepada UNESCO bagaimana batik berkembang, baik secara industri atau pelestariannya,” kata Oscar Lawalata di Museum Bank Mandiri, Jakarta Barat.

Dalam persiapannya, Oscar Lawalata menggagas Batik For The World untuk tema besar yang diangkat. Kegiatan ini sebagai bentuk kepeduliaan terhadap batik yang mencakup aspek dari pembinaan para pengrajin, kualitas batik, hingga mempromosikannya ke luar negeri. Dia ingin meyakinkan UNESCO bagaimana pengrajin begitu melestarikan dan mempopulerkan batik.

“Pameran ini kami tidak hanya memamerkan karya. Kami juga memperlihatkan bagaimana kepedulian kita terhadap pengrajin batik,” ucapnya.

Berbagai persiapan telah dilakuan
Oscar bersama pengrajin batik di beberapa daerah. Seperti di daerah Jawa Timur, dan pemetaan di Ponorogo, Trenggalek, Kediri, Surabaya, hingga Madura. Menurutnya di sana batik telah berkembang pesat, mulai dari sisi industri serta budayanya.

“Kami menguatkan pada budayanya, motif setiap daerah dipelajari. Penggunaan warna-warna dan jenis kainnya. Batik dengan gaya modern sah-sah saja, tetapi akarnya harus dijaga,” imbuh kakak dari aktor Mario Lawalata tersebut.

“Supaya orang tahu mengapa UNESCO memberikan penghargaan ke Indonesia,” tutupnya.

Editor : admin

Reporter : (ded/JPC)

Oscar Lawalata Pamerkan Keindahan Batik ke Paris