alexametrics

Cara Mengolah Ubi Untuk Dapatkan Kulit Wajah Sehat dan Berkilau

26 April 2019, 11:38:07 WIB

JawaPos.com – Gaya hidup back to nature memang sedang menjadi tren. Salah satunya dalam dunia kecantikan. Untuk mendapatkan wajah yang sehat, Anda bisa coba merawat kulit dengan mengosumsi ubi bahkan menjadikannya masker.

Dilansir dari NDTV, Jumat (26/4), ada masker wajah alami buatan sendiri dengan menggunakan ubi. Dengan ubi, bisa membantu pengelupasan kulit wajah atau regenerasi menjadi lebih sehat.

Ubi membantu memberikan cahaya alami dan juga membuat kulit lebih lembut serta muda. Menurut buku ‘Healing Foods’ oleh DK Publishing House, kadar beta-karoten dalam ubi membuat kulit sehat dengan memerangi radikal bebas yang menyebabkan penuaan kulit.

Ubi juga kaya akan vitamin C dan Vitamin E untuk menjaga kulit tetap sehat, bercahaya dan kenyal. Vitamin C  sendiri bisa membantu meningkatkan kolagen, yang mengencangkan kulit. Antioksidan yang terkandung dalam ubi juga bisa membuat kulit lebih berkilau. Ubi juga merupakan sumber kaya anthocyanin yang mencegah noda dan bintik hitam dengan menjaga aktivitas radikal bebas dalam kontrol.

Menggunakan ubi sebagai masker dianggap lebih baik karena bisa langsung berpengaruh pada kulit. Terlebih buat mereka yang sensitif pencernaannya.

Sebab, ubi merupakan campuran kompleks dan juga mengandung serat yang tinggi, membuatnya tidak mudah dicerna. Ubi jalar alias ketela mengandung beberapa jenis gula oligosakarida yaitu stakiosa, rafinosa, dan verbaskosa. Beberapa jenis oligosakarida ini tidak dapat dicerna oleh sistem percernaan karena tidak ada enzim galaktosidase.

“Ubi banyak mengandung gas yang membuat kita lebih mudah flatus / kentut,” paparDekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB yang juga Ahli Endoskopi.

Namun, jika ingin tetap mengosumsi ubi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kulit lebih sehat. Salah satu cara terbaik adalah mengukus atau merebusnya. Ini membantu menjaga karbohidrat dan nutrisi penting yang dikeluarkan secara lambat. Rebus selama 30 menit sampai lunak, hancurkan dengan mentega tawar, dan nikmati hangat.

Anda juga bisa memasukkannya ke dalam salad Anda juga. Sebab bisa menambahkan jumlah karbohidrat yang baik bagi kesehatan.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani