alexametrics

Ladies, Jauhi 8 Kesalahan Ini Jika Tak Mau Rambut Rusak

25 Januari 2018, 15:35:30 WIB

JawaPos.com – Ada banyak kesalahan yang dilakukan pada rambut sehingga membuatnya mudah rusak. Tanpa disadari hal-hal ceroboh itu ternyata bisa membuat rambut rontok, pecah-pecah, dan berketombe.

Dilansir dari Pop Sugar, Kamis (24/1), ada delapan kesalahan yang dilakukan pada rambut dan membuatnya rusak. Maka mulai saat ini, cobalah menghindari kesalahan-kesahalan tersebut.

Sisir Rambut Saat Basah
Menyisir rambut dengan sisir sikat sebaiknya jangan dilakukan. Sebab, lebih mudah membuat rambut rontok dan pecah-pecah.

“Orang sering tidak tahu bahwa ketika rambut kita basah itu elastis, membuatnya lebih regang dan lemah dengan mudah,” kata penata selebriti Justine Marjan.

Sarung Bantal Salah
Ternyata sarung bantal juga bisa menjadi pemicu rambut rusak. Lebih baik menggunakan kain satin atau sutera. “Sebab tidur pada sarung bantal katun menyebabkan keriting dan ujungnya pecah,” kata penata selebriti Cynthia Alvarez.

Atur Suhu Pengering Rambut
Ada suhu ideal agar rambut bisa dikeringkan “Ini adalah mitos bahwa semakin tinggi suhu, semakin baik saat memanaskan rambut,” kata Marjan. Dia merekomendasikan alat pemanas harus diatur ideal. “Kecuali rambut yang dimiliki tebal dan kasar,” tambahnya.

Potong Rambut Terlalu Cepat
Frekuensi pangkas rambut harus diatur. Sebaiknya jika ingin memotong rambut agar minimal setiap empat sampai enam minggu.

Bilas dengan Air Panas
Suhu terlalu panas bisa membuat rambut seolah digoreng, sehingga rambut menjadi rapuh dan lebih rentan terhadap kerusakan.

Sering Diikat
Mengucir rambut ikat kuda dengan sangat ketat bisa menarik kulit kepala dan merusak akarnya. Maka jangan terlalu sering mengikat rambut karena akan menghambat pertumbuhan rambut.

Penggunaan Handuk
Mengurung kepala dengan handuk usai keramas bisa menyebabkan kerusakan. Cobalah menggunakan kain berbahan kaos yang lebih tipis.

Penggunaan Sampo
Bersihkan rambut dari sisa-sisa sampo yang tertinggal di kulit kepala, sehingga mencegah penumpukan partikel yang berpotensi memblok folikel rambut.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ika/ce1/JPC)

Ladies, Jauhi 8 Kesalahan Ini Jika Tak Mau Rambut Rusak