JawaPos Radar

Jaga Nilainya, Begini Cara Mencuci dan Menyimpan Perhiasan yang Tepat

24/10/2018, 09:00 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
cara merawat perhiasan, tips membersihkan perhiasan,
Ilustrasi. Rajin membersihkan perhiasan bisa membuat kilaunya kian terpancar. (beldiamond.com)
Share this

JawaPos.com - Kilau perhiasan memang menarik masyarakat untuk mengenakannya hingga mengoleksi. Namun tak semua orang tahu bagaimana cara merawat koleksi perhiasan tersebut.

Padahal perhiasan memiliki nilai yang cukup tinggi. Apalagi perhiasan tersebut terbuat dari berlian atau mutiara murni. Sehingga sangat disayangkan jika tak dirawat dengan baik, yang bisa menurunkan nilainya.

Lalu, bagaimana cara menyimpan dan membersihkan perhiasan yang tepat?

Pertama, tidak semua perhiasan bisa disimpan pada sembarangan tempat. Setidaknya, sediakan kotak khusus perhiasan. Seperti yang dikatakan Wanda Ponika selaku founder Wanda House of Jewels, biasanya ia menyiapkan kantong plastik masing-masing potongan perhiasan.

Misal ingin menyimpan anting, walaupun berpasangan, satu sama lain anting harus dipisah di plastik yang berbeda. Lalu, perhiasan berlian pun tidak boleh berada pada satu pouch yang sama karena akan terjadi gesekan sehingga bisa menyebabkan kerusakan.

"Diamond salah satu benda terkeras di dunia jadi kalau ditaruh dalam satu pouch yg sama, dia akan bergesekan," ujar Wanda ketika ditemui di acara Jewellery Show Object of Desire, di Plaza Indonesia Jakarta, Selasa (23/10).

Tekstur perhiasan itu sendiri pun harus diperhatikan, apakah cocok ditaruh pada soft case atau hard case. Biasanya tak semua perhiasan dapat disimpan di soft case, misal kalung yang punya tekstur kaku.

"Disimpan di soft case itu kan bisa berubah posisi dan necklace kalo berubah posisinya nanti dipakai bisa melintir atau tidak simetris," tambah Wanda Ponika.

Kemudian agar perhiasan selalu bersih, secara rutin dapat dicuci dengan menggunakan sabun cair lalu memakai air hangat. Gosok perlahan dengan memakai sikat gigi bayi hingga ke rongga-rongga setelah itu dibilas.

Cara pengeringannya pun harus diperhatikan, sebisa mungkin tidak menggunakan lap agar bercak air tidak membekas pada perhiasan. Keringkan dengan hair dryer namun diberikan jarak yang agak jauh.

Jika ingin dibersihkan dalam keadaan darurat perhiasan dapat dilap dengan kapas alkohol yang biasa digunakan untuk sebelum suntik.

Berbeda dengan perawatan khusus perhiasan mutiara, jika tidak punya cairan khusus untuk membersihkannya, gunakan saja dengan lap yang halus. Perhiasan murni akan selalu abadi dan dapat diberikan secara turun temurun. Sehingga walau dibeli semahal apapun jika tidak dirawat, perhiasan tersebut akan menjadi tidak indah lagi.

(Inr/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up