JawaPos Radar

Catat Resep 10 Masker Alami, Singkirkan Masalah Jerawat dan Komedo

23/01/2018, 07:50 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Catat Resep 10 Masker Alami, Singkirkan Masalah Jerawat dan Komedo
Ilustrasi masker (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Masalah yang sering terjadi pada kulit wajah adalah jerawat, komedo, dan pori-pori membesar. Masalah ini membuat wajah tak enak dipandang, kusam, tak halus lagi. Kondisi ini juga membuat kulit menjadi tempat berkembang biak bakteri penyebab infeksi serta kotoran menjadi menumpuk.

Maka, salah satu caranya adalah dengan rajin membersihkan wajah dan menggunakan peeling atau masker. Tak perlu ke salon, cukup dengan resep alami seperti dilansir dari Boldsky, Senin (22/1), ada 10 masker yang bisa menyelesaikan masalah pada kulit wajah. Bahan yang direkomendasikan dilengkapi dengan sifat antibakteri dan antioksidan yang baik bagi kulit

1. Telur Putih dan Jus Lemon
Masukkan putih telur dan 1 sendok makan jus lemon dalam mangkuk dan campurkan. Oleskan pada seluruh wajah dan leher. Biarkan tetap bertahan selama 15-20 menit sebelum mencucinya dengan air hangat.

Catat Resep 10 Masker Alami, Singkirkan Masalah Jerawat dan Komedo
Info grafis rahasia wajah cantik alami (Rofiah Darajat/JawaPos.com)

2. Baking Soda dan Lidah Buaya
Buat campuran 1/2 sendok teh baking soda dan 1 sendok makan gel lidah buaya. Aplikasikan pada wajah dan biarkan selama 10 menit. Bilas dengan air hangat dan semprot toner untuk hasil yang lebih baik.

3. Tanah Liat dan Minyak Zaitun
Campur 1/2 sendok teh tanah liat dan 2 sendok teh minyak zaitun. Ratakan lapisan tipis dari campuran yang dihasilkan ke kulit wajah. Biarkan sampai kering selama 10 menit sebelum mencuci sisanya dengan air hangat.

4. Mentimun dan Cuka Apel
Parut sepotong mentimun dan campurkan pasta dengan 4-5 tetes cuka sari apel. Oleskan ke wajah dan biarkan hingga kering selama 5-10 menit. Setelah selesai, gunakan air hangat untuk membilasnya.

5. Madu dan Minyak Tea Tree
Cukup campurkan 2 sendok teh madu organik dengan 3-4 tetes minyak tea tree. Oleskan pada kulit yang sedikit basah dan biarkan selama 5 menit. Setelah selesai, gunakan air hangat untuk membilasnya.

6. Pisang dan Minyak Almond
Haluskan pisang dan campurkan dengan 1 sendok makan minyak almond. Oleskan merata di seluruh wajah dan biarkan menyerap di permukaan kulit selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

7. Gandum dan Minyak Kelapa
Campurkan 1 sendok teh oatmeal dengan 2 sendok teh minyak kelapa. Oleskan di wajah selama 15-20 menit. Bersihkan wajah dengan air hangat.

8. Yogurt dan Gula Merah
Campurkan 2 sendok teh yogurt dan 1 sendok teh gula merah. Dengan lembut oleskan pada wajah dan biarkan selama 10 menit. Setelah selesai, gunakan air hangat untuk membersihkan wajah.

9. Kunyit Bubuk dan Susu
Cukup campurkan sedikit bubuk kunyit dengan 1 sendok teh susu segar. Oleskan pasta di seluruh wajah dan biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat.

10. Bubuk Cendana dan Air Mawar
Campur 1/2 sendok teh bubuk cendana dengan 2 sendok teh air mawar. Campur untuk mendapatkan pasta yang halus. Oleskan kulit wajah selama 10-15 menit, bersihkan dengan air hangat.

(ika/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up