JawaPos Radar

Indonesia Fashion Week Dorong Promosi Pariwisata Nusantara

23/01/2017, 13:33 WIB | Editor: Ilham Safutra
Indonesia Fashion Week Dorong Promosi Pariwisata Nusantara
Ilustrasi (dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com – Tak lama lagi, Indonesia Fashion Week (IFW) 2017 bakal digelar selama lima hari berturut-turut di Jakarta Convention Center (JCC), 1 hingga 5 Februari 2017. Pekan mode tahunan ini akan diramaikan oleh lebih dari 400 peserta pameran dan menampilkan 25 peragaan busana dari sekitar 200 perancang busana.

Nantinya event ini juga dimeriahkan dengan kompetisi fesyen, seminar, talk show dan workshop. Ajang yang mengusung tema Celebrations of Culture ini akan mengangkat dan memperkenalkan warisan budaya bangsa Indonesia melalui fesyen.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendorong ajang ini untuk mempromosikan industri fesyen lokal di mata internasional. Ajang ini diklaim menjadi momentum paling bergengsi bagi para pelaku industri fesyen, karena IFW dipandang sebagai ajang promosi di sektor pariwisata.

“Oleh karena itu kami senang dan ini akan kami promosikan juga sebagai ajang yang bisa menjual pariwisata Indonesia juga khususnya ya,” tegas Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah Kementerian Pariwisata, Tazbir Abdullah.

Pada gilirannya, kata Tazbir, IFW mampu mendatangkan pelaku industri fesyen mancanegara. Pasalnya IFW konsisten memajukan industri fesyen tanah air untuk mengharumkan nama Indonesia. “Jadi pariwisata tak hanya destinasi, harapannya ini akan menjadi yang terbaik. Kami promosikan, partisipasi di sini dengan banyak stand,” katanya.

Sinergitas juga dilakukan dengan pemerintah dan para desainer serta pelaku industri fesyen lainnya. Salah satu langkah yang akan dilakukan pemerintah untuk meningkatkan promosi fesyen Indonesia adalah dengan membidik agen perjalanan (travelling) untuk membuat paket wisata dengan fesyen.

“Agen travelling akan kami terapkan paket wisata misalnya dengan datang ke Indonesia dapat hotel, nonton, jalan-jalan, hingga memahami fesyen lokal,” tegasnya.

Untuk diketahui, Indonesia Fashion Week merupakan ajang fesyen terbesar di Indonesia yang bertujuan mendukung industri fesyen di Indonesia. Ajang ini juga menjadi sarana untuk mendukung para perancang serta pelaku industri fesyen dari seluruh penjuru nusantara hingga internasional.

IFW pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012 dan setiap tahunnya diadakan kembali dengan tujuan untuk memberikan arah dan gambaran pada industri fesyen di Indonesia. (cr1/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up