alexametrics

7 Langkah Agar Kulit Wajah Pria Tetap Bersih dan Sehat

22 April 2019, 13:05:56 WIB

JawaPos.com – Pemanasan global dan radikal bebas menjadi alasan utama kalau pria juga penting melakukan perawatan kulit. Pria yang memiliki kulit bersih dan sehat tentu lebih enak dipandang. Terlebih mereka sering bertemu klien, rekan bisnis, atau rekan kerja.

Pria kaum urban saat ini justru sudah peduli untuk merawat kesehatan kulitnya. Tak cukup hanya mencuci muka, tetapi pria juga harus melakukan langkah lainnya seperti dilansir dari Longevity Live, Senin (22/4).

1. Bersihkan Kulit Sebelum Tidur

Kulit wajah adalah bagian tubuh yang paling terbuka. Setiap hari wajah akan terkena keringat, debu, dan kuman. Salah satu cara agar wajah tetap sehat adalah dengan menggunakan pembersih yang baik sebelum tidur.

2. Tidur yang Cukup

Tidur sangat penting untuk kesehatan tubuh. Ada hubungannya antara tidur dan kulit bersih. Ketika seseorang tidak mendapatkan cukup tidur, hormon stres kortisol dilepaskan ke dalam sistem. Ketika kurang tidur maka bisa menyebabkan peradangan kulit. Betapapun sibuknya jadwal Anda, tetap harus meluangkan waktu untuk tidur, demi kulit dan kesehatan secara umum.

Tidur yang cukup bisa membuat kulit lebih sehat. (Your Health Matters)

3. Pilih Produk yang Tepat

Produk perawatan kulit terbaik untuk pria tentu yang mengandung bahan-bahan alami. Apalagi pria sosok yang tak mau ribet. Maka produk yang tepat akan menghasilkan kulit yang jernih.

4. Rutinitas Perawatan Kulit

Untuk diketahui bahwa mendapatkan kulit yang indah membutuhkan waktu. Pria juga boleh memiliki strategi perawatan kulit yang konsisten. Namun ini terserah pada individu masing-masing.

5. Stop Merokok

Tak hanya merusak paru-paru, merokok juga merusak kulit. Asap rokok mengandung bahan kimia yang dapat merusak elastin dan kolagen di kulit. Elastin dan kolagen adalah beberapa komponen kulit yang membuat kulit tetap kencang. Selain kendur pada kulit, merokok menghabiskan sistem kekebalan tubuh dan membuatnya lebih rentan terhadap kanker.

6. Pisau Cukur yang Tepat

Pilihlah pisau cukur dengan mata pisau yang tepat. Jangan sampai melukai atau justru membuat kulit lebih kasar. Dan rutinlah mengganti pisau cukur secara berkala.

7. Gunakan Pelembab Di Malam Hari Dan SPF Di Siang Hari

Bukan hanya kulit perempuan yang membutuhkan pelembab dan tabir surya, pria juga membutuhkannya. Pelembab membantu menjaga kadar air kulit, sementara SPF melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh matahari.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani