alexametrics

5 Langkah Mudah Wujudkan Lemari Dapur yang Rapi dan Bersih

22 April 2019, 10:19:23 WIB

JawaPos.com -Lemari dapur bisa menjadi indikator karakter dari ibu rumah tangga atau penghuni rumah. Lemari yang teratur, rapi, dan bersih, pasti akan meningkatkan mood saat memasak. Sebaliknya, jika lemari dapur kotor, penuh debu, berminyak, bisa menjadi sarang kuman dan keluarga pun jadi tak sehat.

Kendalanya biasanya karena jumlah barang yang harus disimpan di rumah terlalu banyak sehingga menumpuk di lemari. Banyaknya barang membuat lemari lebih sulit untuk diatur daripada ruang lain.

Dilansir dari The Spruce, Senin (22/4), ada 5 langkah untuk bisa mewujudkan lemari dapur yang rapi dan bersih. Lemari dapur yang terorganisir akan membuat memasak dan belanja bahan makanan lebih mudah.

Lemari dapur yang terorganisir lebih mudah bagi anggota keluarga dan tamu. Mereka dapat menemukan apa yang mereka butuhkan di dapur. Misalnya mencari gelas, dan mencampur adonan ke mangkuk butuh waktu lebih efisien.

Kelompokan Barang Sejenis

Pertama, kelompokkan barang-barang sejenis. Misalnya gelas dengan gelas, piring dengan piring, panci dengan panci. Sehingga akan menghemat waktu karena Anda akan tahu di mana semuanya berada. Anda akan dapat dengan mudah meraih talenan dan membuat ruang lebih rapi.

Usahakan kelompokan peralatan dapur agar terlihat rapi. (Images/Getty Images)

Pisahkan yang Penting

Siapkan wadah sampah besar atau keranjang dan baskom untuk meletakkan barang-barang yang sudah tak layak dipakai. Buang atau singkirkan itu dari dapur agar lemari dapur tak penuh.

Atur dan Sortir

Setelah membuang yang tak terpakai lagu, sekarang saatnya untuk mengatur isi lemari dapur. Misalnya pada tingkat dasar, untuk bahan makanan, peralatan, panci dan wajan atau sesuai selera. Buat segala yang akan digunakan secara teratur dan dapat dijangkau semaksimal mungkin.

Atur Zonasi

Kelompokkan item dan atur zonasi di tiap sudut lemari dapur. Misalnya ruang khusus untuk gelas, ruang khusus untuk mangkuk, ruang khusus untuk menaruh kardus sereal hingga susu. Lemari atas misalnya untuk menyimpan makanan, gelas dan piring. Bahkan ada ruang untuk menyimpan buku resep masak. Kemudian lemari bawah adalah tempat untuk barang-barang non-makanan seperti peralatan panci, wajan, dan loyang.

Merawat

Rencanakan untuk selalu merawat dan membersihkan lemari dalam periode tertentu. Lakukan perombakan total sekali atau dua kali setahun agar lemari dapur lebih bersih.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani