alexametrics

Sambut Hari Kartini, Peselancar di Bali Surfing Kenakan Kebaya

21 April 2019, 07:16:44 WIB

JawaPos.com – Momen apa yang Anda ingat ketika merayakan Hari Kartini? Mengenakan baju adat dari suku tertentu atau memakai pakaian profesi polwan hingga suster.

Ternyata, ada seru yang bisa dilakukan dalam rangka Kartinian, yakni mengenakan kebaya kemudian surfing di pantai. Seperti yang dilakukan Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat (Hipakad) Udayana, Bali. Mereka menggelar Kartini Goes Surf untuk menyambut Hari Kartini, pada Sabtu (20/4).

Total, ada 12 peselancar perempuan yang ikut dan berkumpul di Pantai Indopurejoy, Kuta. Menariknya, 7 di antaranya berasal dari luar negeri, seperti Rusia, Inggris, Australia, Jepang, dan Korea Selatan.

Kartini Goes Surf bukan sebuah event kompetisi. Hanya untuk merayakan Kartinian,” kata Wakil Ketua Panitia Kartini Goes Surf, Ronald saat ditemui Jawa Pos.

Salah satu peselancar bule tengah asik bermain dengan ombak mengenakan kebaya di event Kartini Goes Surf di Bali. (Miftahuddin/Radar Bali/ Jawa Pos )

Kebaya dengan beragam ukuran serta warna dan papan selancar disiapkan oleh panitia. Setiap peserta bisa memilih secara bebas papan selancar yang tersedia.

Melalui Kartini Goes Surf, Hipakad Udayana berharap tak hanya sekadar peringatan Hari Kartini. Tetapi, juga mengenalkan kebaya kepada para peselancar luar negeri dan memperkuat kembali nilai-nilai sosial dari Kartini tentang ketangguhan.

Para peserta yang ikut pun tidak diharuskan peselancar profesional. Melainkan, terbuka bagi setiap perempuan yang minimal bisa berselancar.

Salah satu peserta asal Australia, Joyce mengaku bahwa dirinya tertantang ketika ditawari ikut Kartini Goes Surf. Perempuan 27 tahun itu pun mengatakan tak ada kendala dalam berselancar.

“Aku bisa berselancar. Tapi kunjunganku di Bali yang kali pertama ini tidak membawa papan selancar,” tandas Joyce.

Editor : Novianti Setuningsih

Reporter : Dimas Nur Aprianto

Alur Cerita Berita

Lihat Semua