alexametrics

Buktikan 7 Manfaat Makan Daun dan Biji Melinjo

20 April 2019, 08:56:33 WIB

JawaPos.com –  Melinjo sering digunakan saat memasak sayur asem atau lodeh. Buah atau biji melinjo memang enak dimakan langsung dan diolah menjadi emping. Tapi, tahukah Anda kalau biji dan daun melinjo memiliki bnayak manfaat untuk kesehatan?

Melinjo atau Gnetum gnemon sangat cocok ditanam di wilayah tropis. Pohon Melinjo banyak dibudidayakan untuk makanan dan sering ditemukan di Asia Tenggara. Daunnya tak besar dan berwarna hijau tua.

Selain enak, jika dimakan tanpa berlebihan, melinjo ternyata memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan. Baik biji dan daun melinjo memiliki jumlah antioksidan yang tinggi. Seperti dilansir dari Health Benefits Times, Sabtu (20/4), ada tujuh manfata yang bisa Anda rasakan ketika mengosumsi melinjo.

Kesehatan otak

Kandungan mangan di dalamnya sangat penting untuk fungsi otak dan juga mengobati gangguan saraf. Sedangkan superoksida menghilangkan radikal bebas dari tubuh yang meliputi jalur saraf.

melinjo
Kandungan mangan di dalamnya sangat penting untuk fungsi otak dan saraf. (Health Benefits Times)

Membantu Pertumbuhan

Melinjo baik juga untuk kesehatan dan pertumbuhan. Sangat penting untuk mencegah sistem kerangka, kardiovaskular, dan saraf. Baik untuk pertumbuhan jaringan dan organ yang sehat.

Atur Metabolisme

Kandungan zat besi di dalamnya sangat penting untuk pengaturan suhu tubuh. Hal itu membantu untuk mengatur suhu tubuh sesuai dengan kapasitas penyerapannya. Fungsi metabolisme akan lebih optimal.

Mencegah stroke

Kandungan kalium di dalam daun dan biji melinjo sangat penting untuk fungsi otak. Jumlah potasium yang tinggi di dalamnya mengangkut oksigen ke otak dengan meningkatkan fungsi kognitif dan aktivitas saraf. Ini membantu untuk mencegah perkembangan stroke.

Obati Kram

Kandungan magnesium di dalamnya membantu menyehatkan ginjal dan melemaskan otot-otot punggung. Sehingga membantu penyerapan kalsium yang mempercepat penyembuhan tulang.

Kesehatan ginjal

Kandungan fosfor di dalamnya membantu menjaga kesehatan ginjal. Kondisi ini mendorong pembuangan limbah dari ginjal melalui ekskresi dan buang air kecil. Sehingga meningkatkan frekuensi dan kuantitas buang air kecil agar tubuh mempertahankan jumlah keseimbangan air, asam urat, garam berlebih, dan lemak.

Kesehatan Otot

Kandungan protein di dalamnya sangat penting untuk kontraksi otot. Protein dalam bentuk mikrofilamen ditemukan di jaringan otot berfungsi membangun struktur untuk otot. Pertumbuhan otot tergantung pada jumlah protein yang cukup dalam tubuh.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani