alexametrics

Benarkah Minum Air Lemon Ampuh Turunkan Berat Badan?

20 April 2019, 08:01:33 WIB

JawaPos.com – Banyak cara alami yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Lemon selama ini dipercaya bisa menjadi senjata ampuh untuk membuat bobot tubuh susut dengan perlahan. Benarkah air lemon bisa menurunkan berat badan?

Ada artikel yang menjelaskan air jeruk lemon bisa meningkatkan metabolisme, menghilangkan racun, dan membantu seseorang menurunkan berat badan. Namun semuanya tetap harus dilakukan dengan pola makan gizi seimbang.

Penulis Buku Healing Superfoods for Anti-Aging: Stay Younger, Live Longer, Karen Ansel, R.D.N., menjelaskan air lemon di dalam gelas hanya akan terasa air lemon saja dan tidak terlalu signifikan bisa menurunkan berat badan. Kuncinya adalah pola makan dan olahraga.

Bahkan tak harus air lemon, minum air biasa sebelum makan justru lebih efektif menurunkan berat badan. Cara itu bisa membantu perut lebih kenyang.

“Minum sekitar 16 ons air sebelum makan bisa membantu menurunkan berat badan,” kata Ansel.

Satu studi yang diterbitkan dalam Jurnal Obesity menemukan bahwa orang dewasa gemuk yang minum banyak air sebelum makan bisa kehilangan 1,4 kilogram lebih banyak dalam 12 minggu daripada orang yang tak cukup minum. Cara itu bisa membuat nafsu makan terkendali.

“Namun ternyata menambahkan lemon tidak terlalu membantu membakar lebih banyak kalori,” kata Ansel.

Benar, lemon memiliki nutrisi di dalamnya, seperti vitamin C. Tetapi setengah lemon dalam segelas air tidak akan benar-benar mengubah status bobot tubuh tanpa melakukan pola hidup sehat.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani