JawaPos Radar | Iklan Jitu

Ternyata Tumit Pria Lebih Rentan Pecah-pecah, Ini Sebabnya

19 November 2018, 07:14:37 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
masalah tumit pecah, penyebab tumit pecah-pecah,
Ilustrasi tumit yang mengalami pecah-pecah di area kulit. (Boldsky)
Share this

JawaPos.com - Kelembaban kulit memang harus selalu terjaga dengan cara terhidrasi atau cukup asupan cairan. Begitu pula pada kulit kaki, terutama di area tumit rentan terjadi masalah kulit kering atau pecah-pecah.

Meski perempuan lebih sering menggunakan sepatu hak tinggi, tetapi nyatanya pria yang lebih sering mengalami masalah tumit pecah-pecah.

Dalam survei yang dilakukan oleh krim urea solusi kulit kering dan pecah-pecah, Sato Pastaron (Ultra Hydrating Cream) yang diproduksi Sato Pharmaceutical, Tokyo, Jepang, berbagai aktivitas keseharian dapat menyebabkan tumit menjadi kering dan pecah-pecah. Dimulai dari tidak mengenakan alas kaki di rumah hingga tumit bergesekan dengan lantai, penggunaan alas kaki yang tidak tepat, kulit yang kering karena iklim (suhu dingin atau kelembapan rendah) bisa sebabkan tumit pecah.

masalah tumit pecah, penyebab tumit pecah-pecah,
Krim urea Sato Pastaron (Ultra Hydrating Cream) untuk mengatasi masalah pecah-pecah pada tumit. (Rieska Virdhani/JawaPos.com)

Bahkan, yang paling sering adalah kulit terpapar detergen sehingga merusak lapisan pelindung kulit. Jika tidak diatasi, kondisi ini akan menyebabkan tumit menjadi luka.

"Secara genetik lebih banyak pria. Kulit pria lebih gampang pecah-pecah. Sebab mereka sering menggunakan sepatu tertutup seperti sneakers dan pantofel. Sehingga tak ada udara, dan mulai terjadi di usia 30an," kata Business Unit Manager Skin Care Sato Hakubi, Yosi Krisyanti dalam acara Talkshow Solusi Tepat Untuk Kulit Pecah-Pecah, Minggu (18/11).

Dengan menggunakan krim urea, khasiatnya akan terlihat dalam waktu 7 hari. Untuk hasil optimal, sebaiknya digunakan usai mandi sore kemudian ketika akan tidur ditutup dengan menggunakan kaos kaki.

"Pakai kaos kaki terutama jika malam tidur pakai AC. Biar enggak kering," katanya

Tak hanya itu, krim urea juga bisa diaplikasikan pada pasien-pasien lansia apalagi disertai penyakit degeneratif seperti diabetes. Sebab pasien diabetes lebih rentan luka pada kaki. Begitu juga pada anak 1 tahun ke atas boleh diaplikasikan krim tersebut serta usai berenang.

Yosi memiliki tips pada kulit yang sensitif dan kering untuk menghindari pecah-pecah pada tumit. Salah satunya dengan memilih sabun mandi yang tepat.

"Gunakan pelembab dengan rajin itu wajib dan sebaiknya gunakan sabun yang busanya banyak untuk menjaga kelembaban. Terakhir, minum cukup air putih setiap hari," paparnya.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up