alexametrics

6 Langkah Meminta Maaf Pada Pasangan Usai Bertengkar Hebat

19 April 2019, 16:39:18 WIB

JawaPos.com – Setiap perjalanan cinta pasti melalui hubungan yang pasang surut. Pertengkaran atau badai di dalam hubungan bisa saja dialami setiap pasangan. Di masing-masing pihak terkadang ada perasaan gengsi dan luka di hati.

Namun di balik semuanya, pasti ada rasa penyesalan dan niat untuk berbaikan atau meminta maaf kepada pasangan. Berbesar hati untuk mengakui kesalahan dan introspeksi bisa menyelamatkan hubungan dari masalah. Dilansir dsri YourTango, Jumat (19/4), ada enam langkah untuk meminta maaf pada pasangan agar hubungan yang renggang bisa terajut kembali.

Ungkap Pengakuan

Mengakui sesuatu atas segala yang dilakukan dengan car bicara dan sikap yang baik. Langkah ini membutuhkan kemauan untuk menerima segala resikonya. Paling tidak, dengan mengakui semuanya sudah menunjukkan rasa hormat atau niat baik dalam membangun hubungan yang lebih baik.

Bersikaplah Tulus

Permintaan maaf yang tulus adalah cara tepat menyembuhkan kesalahan apa pun dalam hubungan. Kata-kata yang terlontar perlu jujur ​​dan sepenuh hati. Luapkan rasa bersalah dan permintaan maaf tanpa upaya memaksa, menipu, atau memanipulasi perasaan.

tips percintaan,
Bersikap manis dan tulus bisa menghangatkan kembali hubungan yang retak karena perdebatan. (Bustle)

Jangan Bereaksi

Pihak yang tersinggung dapat menolak atau menginterupsi permintaan maaf. Ini adalah waktu yang tepat untuk menahan godaan untuk bersikeras memaksakan kehendak. Pasangan pasti masih menyimpan banyak emosi untuk diungkapkan. Namun tetap dengarkan saja pasangan Anda dan jangan bereaksi.

Sungguh-Sungguh dan Konsisten

Tunjukkan bahwa Anda konsisten, sungguh-sungguh, dan dapat dipercaya untuk memperbaikin kesalahan tanpa membela diri. Sikap ini sebagai upaya menghargai perasaan pasangan.

Tanyakan Apa yang Diinginkan

Cari tahu apa yang dibutuhkan pasangan dan berusaha untuk memenuhinya. Bahkan jika mereka tidak memberi tahu, cobalah mencari informasi dari mana saja.

Jangan Terburu-Buru

Begitu ucapan maaf terlontar, jangan terburu-buru meminta jawaban dari pasangan. Sebab itu semua proses. Itu semua membutuhkan waktu. Pasangan pasti butuh waktu untuk berpikir.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani