alexametrics

Meski Berbahaya Untuk Makanan, Boraks Ampuh Sulap Rumah Jadi Kinclong

18 Februari 2018, 15:00:45 WIB

JawaPos.com – Masyarakat wajib mewaspadai berbagai makanan yang mengandung boraks atau biasa dikenal dengan istilah bleng. Sebab, bahan pembersih ini biasa digunakan untuk furnitur dan kayu.

Dilansir dari Boldsky, Minggu (18/2), boraks bisa digunakan agar furnitur rumah tetap rapi dan bersih. Boraks, yang juga dikenal sebagai Sodium Borate, Sodium Tetraborate atau Disodium Tetraborate, adalah mineral alami dan salah satu senyawa boron penting. Rumus kimia Boraks adalah Na2B4O7 10H2O.

Boraks digunakan dalam deterjen, kosmetik, dan juga bertindak sebagai insektisida serta fungisida di antara banyak sifat lainnya.

Meski Berbahaya Untuk Makanan, Boraks Ampuh Sulap Rumah Jadi Kinclong
Ilustrasi bahan boraks untuk bersihkan rumah (Boldsky)

Bagaimana Borax Membantu Rumah Tangga Tetap Bersih?

1. Pengendalian Hama
Hama adalah salah satu makhluk paling terkenal yang berlindung di rumah kita. Berapa biaya untuk membasmi berbagai jenis serangga setiap tahun? Namun, boraks adalah pestisida dan insektisida yang membantu menyingkirkan semua hama, yang menyusup ke rumah. Boraks membuat kecoak dan semut menjauh, membuat tikus keluar dari rumah dan jika menaburkan bubuk boraks di kasur, akan membuat tungau penyebab gatal bisa hilang.

2. Membersihkan
Boraks adalah senyawa yang digunakan pada sebagian besar deterjen karena menghilangkan noda dengan cukup mudah. Dengan demikian, boraks bisa langsung digunakan (dicampur dengan air), untuk menghilangkan noda kotor dari pakaian, kasur, pot, panci dan hampir apapun. Bisa juga ditambahkan pada deterjen yang sudah dipakai untuk mencuci pakaian agar lebih bersih. Anda juga bisa menggunakan boraks untuk membersihkan lantai dan juga membantu menghilangkan karat (dicampur dengan jus lemon).

3. Penghilang Jamur
Boraks adalah fungisida yang membunuh jamur dan menghambat pertumbuhannya. Bubuk boraks umumnya direkomendasikan oleh dokter sebagai desinfektan yang membunuh bakteri dan kuman. Dengan demikian, boraks sangat dianjurkan untuk segala jenis infeksi jamur, atau untuk menghambat pertumbuhan jamur di rumah kita.

4. Penggunaan Lain
Boraks bertindak sebagai pewangi, karena membunuh bakteri yang bau dan meminimalkan bau tak sedap. Jadi bisa membuat kamar, lemari es, kamar mandi lebih harum.

Apakah boraks Beracun? Dibandingkan dengan banyak bahan kimia lain yang digunakan, boraks sama sekali tidak beracun. Namun, jauhi boraks dari anak-anak atau hewan peliharaan, karena jika memakannya akan berbahaya bagi kesehatan

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : (ika/JPC)

Meski Berbahaya Untuk Makanan, Boraks Ampuh Sulap Rumah Jadi Kinclong