JawaPos Radar

Pesan Annisa Pohan Bagi Perajin Batik Betawi

18/01/2017, 17:48 WIB | Editor: Muhammad Syadri
Pesan Annisa Pohan Bagi Perajin Batik Betawi
Annisa Pohan (Rieska/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com – Sebagai istri calon Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono, Annisa Pohan merasa terpanggil untuk membuat batik Betawi lebih populer. Menurutnya, banyak masyarakat masih belum mengetahui batik khas ibukota ini.

Annisa sering menggunakan batik betawi di berbagai kesempatan salah satunya hari ini dia tampil di ajang pra Indonesia Fashion Week (IFW) 2017, di Hotel Sultan, Selasa (17/1).

Annisa berniat ingin menemukan pakem otentik batik betawi. Jika hal itu bisa tercapai, Annisa ingin mengembangkan batik betawi yang khas dan otentik. Annisa juga menilai para perajin batik betawi masih sedikit dan produknya jarang diketahui masyarakat.

“Yang modern pun juga sudah sangat baik walaupun perajinnya masih sangat sedikit,” katanya kepada wartawan.

Berbeda dengan batik khas daerah lain apalagi batik Pekalongan yang memang menjadi juara. “Batik daerah lain mudah mendapatkannya, tapi kalau batik betawi hanya orang-orang tertentu yang tahu di mana kita bisa beli,” ungkap menantu Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono ini.

Annisa meminta seluruh pihak untuk ikut mendukung semangat para perajin batik betawi. Industri kreatif tersebut bukan hanya masalah pada permodalan, tetapi juga pengembangan karya inovatif dan kreativitas.

“Perajin juga harus mengerti tak hanya secara permodalan tapi juga untuk pengembangan dari motif batik, berikan pelatihan-pelatihan tentang desain yang lebih menarik, dan paling penting agar lebih banyak lagi perajin batik betawi yang sekarang justru sangat sedikit,” tuturnya.

Ibunda Almira Tunggadewi Yudhoyono ini menjelaskan selain menggenjot jumlah perajin batik, hak paten dan merk produk batik juga harus terus dikembangkan. Berbagai strategi pemasaran dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital.

“Jadi itu harus kita kembangkan lagi jumlah perajinnya, lalu harus disupport juga untuk brandingnya. Artinya marketing strateginya juga harus kita support supaya pasar lebih luas lagi,” tutupnya. (cr1/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up