JawaPos Radar

Cantiknya Annisa Pohan Berbalut Dress Batik Betawi

18/01/2017, 02:25 WIB | Editor: Muhammad Syadri
Cantiknya Annisa Pohan Berbalut Dress Batik Betawi
Annisa Pohan dengan dress batik Betawi (Rieska/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com – Batik Betawi menjadi salah satu batik yang saat ini terus dikembangkan. Demi alasan itulah, artis cantik dan istri calon gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono, Annisa Pohan, mencoba untuk menghidupkan kembali fesyen betawi itu. Annisa sengaja memakai dress batik betawi ke acara pra Indonesia Fashion Week (IFW) 2017 di Hotel Sultan, Selasa (17/1).

Annisa menjelaskan batik yang digunakan merupakan hasil desain desainer Alleira Batik. Annisa sengaja memamerkan batik tersebut di acara IFW 2017 karena bertema Celebrations of Culture yang mempromosikan budaya lokal.

“Yang stand out hari ini baju saya sebenarnya. Batik tulis dari batik betawi, karena kita sebagai warga Jakarta harus melestarikan hasil budaya dari kota yang kita tinggali,” ungkapnya kepada wartawan.

Bukan hanya dress, Annisa juga memiliki jenis pakaian batik betawi lainnya. Untuk warna, kata Annisa, tidak ada warna khusus dalam memilih batik betawi.

“Banyak sih, saya punya banyak dress yang model pensil roknya. Terus ada juga bolero, atasan-atasan, cukup banyak sih,” katanya.

Annisa menjelaskan kecintaannya dengan motif dan corak batik betawi membuatnya sering mendesain motif yang diinginkan. “Masih terus pakai batik betawi, mau desain lagi mau bikin apa nanti, ada celana macam-macam deh,” tutur ibunda Almira Tunggadewi Yudhoyono ini.

Bagi Annisa, batik betawi begitu menarik namun masih sulit dicari. Berbagai motif lucu khas ibukota seperti Monas, pedagang kerak telor, dan transportasi khas Jakarta menjadi corak kain tersebut. Annisa kini sedang mencari pakem model batik betawi yang otentik.

“Sebenarnya yang sekarang ada itu motif-motifnya modern memakai ikon-ikon Jakarta. Ada ondel-ondel, Monas, lalu ada kendaraan becak walaupun sudah enggak ada. Sebenarnya batik betawi itu ada model pakem khususnya, nah itu sulit sekali saya temukan,” tandasnya. (cr1/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up