JawaPos Radar | Iklan Jitu

Raih Ketenangan, Orang Lanjut Usia Bisa Lakukan Yoga Ini

17 November 2018, 10:47:10 WIB | Editor: Novianti Setuningsih
Raih Ketenangan, Orang Lanjut Usia Bisa Lakukan Yoga Ini
Yin Yoga sangat cocok dilakukan untuk orang lanjut usia yang ingin mendapatkan ketenangan. (optimistdaily.com)
Share this

JawaPos.com - Saat seseorang memasuki lanjut usia, bukan berarti harus pasrah pada keadaan tubuh dan pikiran yang melemah. Justru pada keadaan seperti itu, orang lanjut usia harusnya semakin gigih untuk peduli akan kesegaran fisik juga pikirannya.

Tak hanya lemah dari segi fisik, orang lanjut usia juga rentan mengalami lemah mental. Semakin rentan dengan rasa takut atau berkurangnya rasa percaya diri bisa mempengaruhi kesehatan fisiknya.

Yin Yoga bisa jadi salah satu pilihan untuk menemukan ketenangan. Sebenarnya Yin Yoga bisa dilakukan oleh umur berapa saja, tetapi jenis yoga ini dirasa akan lebih mendukung untuk orang berusia 60 tahun ke atas karena gerakannya yang sangat lambat. Yoga ini tidak berfokus pada kekuatan tetapi untuk mengembalikan rasa tenang dalam diri.

Raih Ketenangan, Orang Lanjut Usia Bisa Lakukan Yoga Ini
Infografis jenis-jenis Yoga dan kegunaannya. (Rofiah Darajat/JawaPos.com)

"Kalau untuk umur seperti ini lebih melatih bagaimana supaya orang ini merasa letting go, bisa menerima dirinya sendiri, lebih tenang dan mendapatkan kedamaian," kata Deera Dewi sebagai Instruktur Yoga, ketika ditemui di Gudang Gudang Yoga Studio, Kemang Jakarta Selatan, Rabu (14/11).

Dari segi gerakan yoga ini berbeda dengan yang biasanya. Yin Yoga ini lebih didominasi dengan banyak duduk, berbaring, relaksasi, setiap gerakan ditahan lebih lama, dan lebih menikmati. Dalam setiap pose biasanya memiliki hitungan hingga 20, atau sekali pose bisa memakan waktu hingga lima menit. Dalam umur yang sudah tak lagi muda, punya sifat yang lebih sabar akan sangat cocok ketika mempraktekkan Yin Yoga ini.

Hasil yang diharapkan dari yoga ini, orang yang lanjut usia akan menjadi semakin mensyukuri dan mendapatkan manfaat baik dari segi mental serta emosional.

"Memulai yoga tidak ada istilah terlambat atau memulai umur berapa. Yoga for everyone, for every age, tentunya dari segi gerakan pasti disesuaikan dengan umurnya misal umur 25, 40, dan 60 punya perbedaan tersendiri," tutup Deera Dewi.

(Inr/JPC)

Alur Cerita Berita

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up