JawaPos Radar | Iklan Jitu

Pentingnya Melatih Konsentrasi Sejak Dini dengan Kids Yoga

17 November 2018, 09:55:17 WIB | Editor: Novianti Setuningsih
Pentingnya Melatih Konsentrasi Sejak Dini Dengan Kids Yoga
Kids Yoga merupakan olahraga yang penting untuk melatih konsentrasi, kekuatan, dan keseimbangan anak. (yogajournal)
Share this

JawaPos.com - Masa kanak-kanak adalah masa pertumbuhan, merasakan kebahagiaan tak ada beban, dan lebih menikmati hidup. Saat-saat tersebut adalah waktu yang pas untuk mereka belajar banyak hal sebagai bekal untuk masa depan.

Begitu banyak yang perlu diajarkan baik di sekolah maupun di rumah. Untuk mendukung keefektifan belajar, maka anak juga perlu dilatih berkonsentrasi, menyelaraskan antara tubuh dan pikiran.

Mengikuti kegiatan yoga menjadi salah satu cara untuk membantu anak-anak menumbuhkan kesadaran dalam berpikir juga berinteraksi terhadap lingkungan sekitar. Oleh sebab itu, yoga bukan hanya diperuntukkan oleh orang dewasa, justru sejak kecil yoga sangat dibutuhkan.

Pentingnya Melatih Konsentrasi Sejak Dini Dengan Kids Yoga
Infografis jenis-jenis Yoga dan kegunaannya. (Rofiah Darajat/JawaPos.com)

"Anak kecil kan biasanya tidak bisa fokus. Kalau bisa sejak dini sudah diajarkan (yoga) bukan hanya untuk membuat lentur atau lebih kuat tapi dari sisi mentalnya bisa lebih dilatih," kata Deera Dewi, Instruktur Yoga, saat ditemui di Gudang Gudang Yoga Studio, Kemang Jakarta Selatan, Rabu (14/11).

Menurut Deera Dewi, zaman sekarang merupakan zaman orang rentan akan tekanan, terutama anak-anak yang bisa mendapatkan tekanan ketika di sekolah. Oleh karena itu, mereka juga harus bisa mengatasi atau berdamai dalam segala kesibukan, kelelahan, tekanan dari sekitar, termasuk teman-teman. Di sinilah, fungsi kids yoga.

Secara gerakan, kids yoga berbeda dengan yoga orang dewasa. Anak-anak akan melakukan pose yang ringan, seperti melakukan pose-pose mengikuti gaya binatang ular, singa, gajah, ikan, atau pohon.

"Anak-anak diajarkan gerakan yang berbeda, bukan fokus pada gerakan A lalu harus tepat mengikutinya, bukan seperti itu. Tetapi, intinya lebih memperkenalkan misalnya binatang ini bentuknya seperti apa, sekalian menambah ilmu mereka," jelas Deera Dewi.

Latihan yang efektif dianjurkan setiap tiga kali seminggu. Durasinya pun hanya tidak lama. Mengingat, anak-anak biasanya hanya efektif latihan selama 20 menit pertama. Setelah itu dilanjutkan dengan permainan yang tentu juga ada tujuannya, seperti membangun kekuatan dan keseimbangan untuk menambah fokus lagi.

Menahan dan menghembuskan nafas juga bisa melatih konsentrasi yang pada akhirnya daya serapnya lebih banyak pada saat belajar di sekolah. Kids Yoga terbagi dalam kelompok usia yaitu umur 1 - 5 tahun, 6 - 9 tahun, 9 - 12 tahun, lalu setelah itu sudah memasuki kelas teenager.

Sebelum mendaftarkan anak-anak pada kegiatan yoga, jangan lupa mencari instruktur yang menyenangkan sehingga bisa menghidupkan kelas dan bisa mengajak bermain. Namun, perlu diingat bahwa anak-anak tidak bisa dipaksakan.

(Inr/JPC)

Alur Cerita Berita

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up