alexametrics

Hati-hati, Jauhi 6 Tipe Rekan Kerja yang Merugikan

17 Juni 2019, 16:11:48 WIB

JawaPos.com – Tak bisa dihindari, ketika bekerja di perusahaan, Anda akan berkenalan demgan orang bermacam-macam karakter. Kehadiran rekan kerja bisa membuat lebih betah dan siap menghadapi berbagai tantangan kerja.

Tapi, bagaimana jika ternyata Anda salah berteman dan justru kerap mendapatkan masalah akibat teman kantor Anda? Yup, tidak semua orang sama. Ketatnya persaingan kerja bisa membuat nuansa pertemanan menjadi penuh intrik dan tantangan. Meski tentunya tidak semua orang melakukan hal yang sama.

Sehingga beberapa tipe teman yang Anda temui di kantor bisa saja membawa dampak negatif untuk pencapaian kerja. Bukannya memiliki tujuan untuk maju bersama, bisa saja teman Anda justru akan menghambat perkembangan karier ke depannya.

Untuk itu, pastikan Anda mengenal tipe-tipe rekan kerja yang merugikan sehingga tak akan jadi kerikil dalam perjalanan karir seperti dikutip dari Cermati.com, Senin (17/6).

Rekan kerja yang tukang gosip perlu dijauhi karena membawa pengaruh buruk untuk pekerjaan. (Inc.com)

1. Penjilat yang Selalu Cari Perhatian

Tipe penjilat ini terbilang sangat banyak dan mudah ditemukan. Mereka akan dengan senang hati menonjolkan diri atas kesuksesan tim kerja di kantor, bahkan meski hal tersebut bukan diraih sendiri olehnya atau bahkan dia hanya berperan kecil sekali di dalamnya.

Bukan hanya itu saja, tipe yang satu ini juga akan dengan cepat menawarkan diri, jika ada urusan yang berhubungan dengan pencapaian tim kerja kantor. Terutama jika mereka bisa dilihat oleh para atasan. Tapi ketika tugas itu sudah diberikan, justru malah dilimpahkan ke rekan tim lainnya. Tipe ini terbilang berbahaya dan bisa saja suatu saat menjatuhkan Anda.

2. Karena Merasa Senior hingga Suka Memerintah

Tipe yang satu ini juga sering ditemukan di kantor, apalagi jika Anda masih terbilang karyawan baru dan belum memiliki pengalaman. Rekan kerja yang sok senior ini biasanya akan sering memerintah. Bahkan meski itu bukan wewenang mereka. Kebiasaan seperti ini seolah-olah membuat mereka begitu senang dan tentunya membuat karyawan lainnya tertindas, bukan?

3. Pengacau yang Tidak Punya Etika

Tipe yang satu ini menjadi salah satu yang paling menyebalkan, sebab hanya mau melakukan keinginannya sendiri saja, tanpa memikirkan orang lain. Seolah tidak tahu waktu, tipe pengacau ini memang senang berbuat seenaknya, bahkan meski rekan-rekan kerjanya sedang sibuk bekerja.

Jangan kaget, jika tipe pengacau ini tiba-tiba memasang musik dengan volume keras atau bahkan menyanyi-nyanyi kecil sesuka hatinya. Sebab mereka memang pada umumnya tidak memiliki etika kerja yang baik sejak awal. Menegurnya secara langsung adalah keputusan yang tepat, sebab Anda tidak bisa menunggunya sadar dan menghentikan kekacauan dengan sendirinya.

4. Pengkhianat yang Suka Menusuk dari Belakang

Tipe yang satu ini memang terbilang jahat, sebab mereka bisa saja membuat Anda tenggelam dalam masalah besar. Ambisinya yang tinggi biasanya menjadi alasan mengapa tipe penghianat ini bisa menusuk temannya sendiri dari belakang. Tidak terlihat mencolok, kebanyakan tipe seperti ini akan bermuka manis dan menjadi teman baik selama bekerja. Tapi pada kenyataannya mereka bisa saja membuat berbagai trik yang akan menjadikan Anda tidak berhasil di dalam pekerjaan. Tidak ada gunanya berteman dengan tipe seperti ini dan Anda harus selalu waspada dengan mereka.

5. Tukang Gosip dan Gapil yang Tak Pernah Diam

Selalu memiliki topik hangat untuk digosipkan dan suka mencampuri urusan orang lain, tipe yang satu ini memang tak pernah kehabisan bahan gosip sepanjang minggu. Semua orang akan menjadi sasaran gosipnya, bahkan Anda juga bisa saja menjadi sasaran empuknya ketika yang bersangkutan sedang menggosip dengan rekan kerja lainnya di belakang Anda.

Kebiasaannya bergosip akan dengan cepat menjadi masalah bagi rekan-rekan kerja. Sebab tukang gosip seperti ini kerap mengajak membahas berbagai topik sambil bermalas-malasan, meskipun di jam kerja. Daripada kena masalah di kantor, menjauhi tipe penggosip ini adalah keputusan yang tepat.

6. Tukang Lari dari Tanggung Jawab

Anda juga akan repot ketika memiliki teman yang suka lari dari tanggung jawab. Apalagi jika senang menyalahkan orang lain atas kesalahan yang dia perbuat. Tipe seperti ini akan memiliki 1001 alasan untuk selalu membenarkan diri dan menjatuhkan/menyalahkan rekan kerjanya. Mereka tidak akan pandang bulu, bahkan untuk menyalahkan teman dekatnya sendiri sekalipun.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah