Facial Aman untuk Kulit Berminyak, Bagaimana Caranya?

16/07/2018, 12:55 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Salah satu treatment di klinik kecantikan The Face Klub, Kawasan Jakarta Selatan. (Muhammad Hafidh/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Memiliki kulit sehat dan cantik alami adalah impian semua orang. Namun seiring perubahan gaya hidup dan faktor lingkungan, kondisi kulit mengalami berbagai masalah seperti cepat kusam, berminyak, hingga timbul jerawat. Tak cukup hanya dengan menjaga hidup sehat, perawatan kulit wajah pun juga perlu dilakukan dengan tepat.

Salah satu perawatan kulit yang sering dilakukan adalah facial. Namun, facial dengan metode 'clean pore' dinilai lebih aman dan efektif untuk mengangkat sel kulit mati dan komedo. Seperti dijelaskan dr. Nilawathi, salah satu dokter estetik di klinik kecantikan The Face Klub, Jakarta. Menurutnya melalui treatment ini, kulit akan terlihat lebih bersih dan tidak kusam.

"Masalah kulit umumnya adalah jerawat. Biasanya sering muncul pada kulit berminyak dan cara cleansing yang kurang tepat. Teknik clean pore ini dianjurkan, pasien tidak sakit dan merasa nyaman saat tindakan karena semuanya menggunakan alat," ungkap dr. Nila kepada JawaPos.com di klinik kecantikan kawasan Jakarta Selatan, Sabtu (14/7).

Menggunakan formulasi 100 persen bahan alami, treatment ini mengutamakan pembersihan dasar dengan mengangkat sel kulit mati. Setidaknya pembersihan wajah minimal 2 kali sehari agar kulit tetap terjaga kebersihan dan kelembabannya.

"Karena terlalu sering membasuh muka justru kadar air dalam kulit akan berkurang, sehingga kulit cenderung kering. Treatment ini idealnya dilakukan 2 minggu sekali," sambungnya.

Proses facial dengan teknik ini pun memberikan kenyamanan bagi para pasien. Dengan waktu sekitar 30 menit, tahap demi tahap dilakukan dengan bantuan tenaga ahli yang mumpuni. Langkah awalnya dilakukan pembersihan dengan alat, untuk mengangkat sel kulit mati. Setelah itu diaplikasikan masker untuk cooling down dan menjaga kelembaban wajah.

"Prosesnya sangat aman, nggak sakit sama sekali. Kita menghindari pencet memencet," tambahnya.

Menurut dr. Nilla penting pula untuk menjaga pola makan dan tidur teratur. Terutama untuk pasien yang berjerawat sebaiknya menghindari makanan berlemak dan memperbanyak makan sayur serta buah-buahan untuk mencegah kadar minyak berlebih.

(ce1/fid/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi