JawaPos Radar

Kenali Bedanya Filler, Botox, dan Tanam Benang

15/07/2018, 13:37 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Kenali Bedanya Filler, Botox, dan Tanam Benang
Ilustrasi perawatan muka. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Kecantikan bisa dipertahankan dengan perawatan yang tepat. Kini sedikitnya ada tiga perawatan kecantikan wajah yang sedang populer dan menjadi favorit. Di antaranya filler, botox, dan tanam benang.

Pakar Kecantikan dari Beautylogica Clinic di daerah Pejaten, Jakarta Selatan, dr. Melly Rianti menjelaskan dari ketiga perawatan tersebut, ketiganya aman bagi tubuh. Sebab ketiga perawatan tersebut dapat diserap oleh tubuh dan dikeluarkan melalui urin dan keringat.

"Mana sih dok yang paling aman, yang paling, kalau saya merekomendasikan semuanya aman bagi tubuh," kata Melly baru-baru ini.

Filler

Filler merupakan teknik menyempurnakan bentuk tubuh tanpa operasi plastik. Filler umumnya bisa diserap tubuh selama 1 tahun. Bagian tubuh apa saja? Punggung, tangan, wajah hingga area intim bisa difiller atas indikasi tertentu.

"Anak muda enggak eusah takut di filler. Karena filler enggak harus untuk kecantikan tetapi bisa menyempurnakan area wajah, misalnya pipi tak simetris bisa dikasih volume," jelas Melly.

Sehingga konsumen tetap harus cerdas memilih filler. "Jangan sampai banyak pasien yang gagal mau bibirnya seksi malah seperti disengat tawon," jelasnya.

Sehingga dia meminta anak muda untuk mengaplikasikan filler di klinik kecantikan yang mempunyai legalitas terpercaya. Jangan sampai filler membuat kukit menjadi alergi.

Botox

Botox adalah nama lain dari Botullinum Toxin A yaitu protein yang diekstraksi dari bakteri Clostridium Botullinum. Botox sudah lama ada dipakai di dunia kedokteran umum.

"Misalnya pasien mengalami stroke atau untuk anti aging dengan kerutan bisa dilakukan botox. Sehingga otot berkontraksi 100 persen," jelasnya.

Melly menegaskan botox relatif aman. Anak muda yang berusia 17 tahun juga boleh melakukan botox.

"Atau orang-orang yang berjerawat berat. Cenderung dengan kulit berminyak. Bisa diaplikasikan botox," katanya.

Fungsi botox membuat kulit lebih kencang, alis terangkat, mengurangi minyak, merangsang kolagen, dan mengurangi kelenjar keringat.

Tanam Benang

Tanam benang adalah teknik kecantikan yang memasukkan benda asing berupa benant-benang kecil ke dalam tubuh. Tujuannya untuk merangsang produksi kolagen. Efeknya membuat wajah lebih tirus dan kencang.

"Yang chubby bisa ditiruskan. Memang tingkat kesakitannya lebih sakit daripada botox dan filler. Tapi tanam benang cenderung aman," jelas Melly. 

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up