alexametrics

Dipakai Selebriti Dunia, Desainer Rinaldy Yunardi Bongkar Harga

15 Juli 2018, 12:20:22 WIB

JawaPos.com – Desainer aksesori Rinaldy Yunardi selalu membuat Indonesia bangga. Karyanya selalu mendunia karena selalu digunakan oleh selebriti mancanegara sekelas Katy Perry, Madonna, Mariah Carey, dan Kylie Jenner. Jika masyarakat bertanya-tanya soal harganya, tentu bisa ditebak. Ketika karyanya sudah dipakai hingga dunia maka harganya melejit.

Ketika ditanya soal harga, Rinaldy menjawabnya secara terbuka. Ketika karyanya dipakai artis internasional, Rinaldy mengaku tak mematok harga berapapun. Sebab, ketika karyanya dipakai oleh selebriti internasional, itu dimaknai sebagai sesuatu simbiosis mutualisme atau sama-sama menguntungkan kedua belah pihak. Dia menganggap hal itu semacam promosi atau branding atas karyanya.

“Kalau dipakai artis-artis luar negeri itu enggak ada harganya. Saya berkarya itu untuk menyenangkan hati. Berkarya untuk promotion, branding. Sehingga ketika artis luar mau pakai, ya pakai saja nanti dibalikin. Itu kan secara tak langsung semacam hubungan kerja sama yang indah dan saling mendukung. Saya bangga dong karya saya dipakai,” katanya saat berbincang dengan JawaPos.com di showroom miliknya di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara, baru-baru ini.

Dipakai Selebriti Dunia, Desainer Rinaldy Yunardi Bongkar Harga
Deretan selebriti dunia yang kenakan karya Rinaldy Yunardi. (Rofiah Drajat/JawaPos.com)

Sedangkan saat ditanya soal harga satu persatu karyanya, Rinaldy tak mengungkapnya secara detail. Dia menegaskan soal range harga dimulai dari Rp 500 ribu hingga tak terhingga.

“Karya saya itu kan bukan mass product. Jadi harga enggak bisa sama semua kan. Kalau range dari Rp 500 ribu hingga tak terhingga,” ungkapnya.

Pria kelahiran tahun 1970 itu menjelaskan biasanya banyak artis mancanegara yang memberitahunya terlebih dahulu jika ingin menggunakan karyanya. Namun banyak pula yang baru diketahuinya belakangan setelah diunggah ke media sosial oleh sang artis.

Sebab, karya Rinaldy memang tersedia di gerai internasionalnya di Hong Kong dengan nama label The Clique. Gerai tersebut merupakan sebuah kerja sama antara Rinaldy dengan sahabatnya, Fayliu, yang membawa karya-karyanya sampai go international.

“Sebab jika membawa dari Indonesia ke Hong Kong atau luar negeri kan perlu waktu ya, maka di sana ada stok. Sehingga banyak artis mancanegara justru lebih mudah mengambil karya saya di sana,” jelasnya.

Rinaldy juga mengungkapkan dalam satu hari dirinya bisa menghasilkan lebih dari satu tiara atau aksesori. Semuanya itu membutuhkan proses yang tak sebentar dan bukan terburu-buru untuk menghasilkan sebuah karya yang indah.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : (ika/JPC)

Dipakai Selebriti Dunia, Desainer Rinaldy Yunardi Bongkar Harga