alexametrics

7 Manfaat Garam Untuk Bersihkan Perkakas Rumah Hingga Buah

15 April 2019, 11:02:10 WIB

JawaPos.com – Selain sebagai penyedap rasa, garam punya banyak kegunaan. Namun, berkat tekstur granularnya, garam memiliki kekuatan dalam membersihkan rumah Anda.

Sehingga pekerjaan rumah akan lebih mudah dan hemat waktu. Berikut ini beberapa cara menggunakan garam dapur untuk membersihkan, dilansir dari Family Handyman, Senin (15/4).

1. Membersihkan Saluran Watafel

Anda tentu sudah risih dengan penumpukan sisa makanan pada saluran wastafel yang membuat mampet. Tuang campuran garam dan air panas ke wastafel dapur untuk menghilangkan bau busuk dan mencegah penumpukan lemak.

2. Menyegarkan Teko Kopi

Tambahkan secangkir es serut, satu sendok makan air dan beberapa sendok teh garam kasar ke teko kopi bersuhu ruangan. Putar dan bilas. Garam akan menyebar di dasar pot sementara es membantu mengaduknya untuk scrub yang lebih baik.

3. Membersihkan Panci Berminyak

Seringkali sabun sudah tidak mempan membersihkan alat masak yang berminyak. Oleh karena itu, taburkan sedikit garam di atas wajan besi dan lap dengan tisu.

4. Cegah Agar Buah Tidak Kecoklatan

Rendam apel dan pir yang sudah dikupas dalam air asin (garam) selama beberapa menit. Biarkan kering dan simpan dalam wadah kedap udara.

5. Cerahkan Kain Cucian Anda

Celupkan waslap ke dalam larutan air asin yang kuat. Peras dan gosok karpet serta gorden yang pudar untuk mencerahkan warna.

6. Singkirkan Jamur

Basahi noda kain bernoda jamur dengan campuran garam dan jus lemon. Atur di tempat yang cerah untuk menyingkirkan jamur, lalu bilas dan keringkan.

7. Menghilangkan Karat

Campurkan air, garam dan krim tartar untuk membentuk pasta. Gosok campuran pada barang berkarat, biarkan kering, sikat dan gosok dengan kain kering yang lembut.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Inriyani Sembiring