JawaPos Radar | Iklan Jitu

6 Manfaat Perawatan Rambut dengan Cuka Apel

15 Maret 2019, 16:05:59 WIB
6 Manfaat Perawatan Rambut dengan Cuka Apel
manfaat cuka apel untuk perawatan rambut (Insider)
Share this

JawaPos.com - Dalam beberapa tahun terakhir, cuka apel telah dipuji oleh para ahli kecantikan dan ahli medis karena banyak manfaat kesehatannya. Cuka apel menjadi bagian dari rutinitas kecantikan untuk membantu membersihkan kulit atau bahkan menurunkan berat badan.

Selain untuk kecantikan dan kesehatan, ternyata cuka apel juga bermanfaat untuk memberi kilau rambut dan kulit kepala yang sehat. Berikut ini manfaat yang Anda dapatkan dengan perawatan rumahan cuka apel, dilansir dari Insider, Jumat (15/3).

1. Berpotensi Membantu Menangkal Ketombe

6 Manfaat Perawatan Rambut dengan Cuka Apel
Cuka apel mampu menyeimbangkan pH kulit kepala dan membasmi jamur penyebab ketombe. (pixabay)

Selama ini ketombe muncul karena adanya jamur. Di sinilah cuka apel berperan untuk membasmi jamur tersebut karena memiliki sifat antibakteri dan antijamur.

Cuka apel mengandung asam malat yang membantu menjaga tingkat pH kulit kepala seimbang. Ketombe adalah penumpukan pada kulit kepala yang terjadi ketika terlalu banyak ragi pada area berminyak. Menggunakan campuran cuka apel akan membantu menghindari ketombe.

"Berguna dalam mengobati ketombe karena membantu menurunkan kadar ragi pada kulit yang menyebabkan peradangan yang mengarah pada pengelupasan," kata Dr. Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis dalam dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City.

2. Membantu Hilangkan Penumpukan Produk

Ketombe berbeda dengan residu akibat penumpukan produk. Penumpukan produk disini berasal dari dry shampoo, gel, dan mouse.

Cuka apel adalah asam alfa hidroksi sehingga membantu pengelupasan kulit. Cuka apel juga memiliki pH yang mirip dengan kulit, sehingga membantu menjaga pH yang sehat.

3. Mengurangi Gatal Kulit Kepala

Ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin mengalami gatal di kulit kepala, dari ketombe hingga kondisi medis seperti dermatitis atopik dan psoriasis. Cuka apel dapat membantu mengurangi beberapa rasa gatal, karena membantu menyeimbangkan kembali pH kulit kepala Anda.

4.  Mencegah Rambut Rontok dan Merangsang Pertumbuhan Rambut Baru

Menambahkan cuka apel ke dalam rutinitas perawatan rambut Anda akan membantu menjaga kulit kepala tetap sehat dengan menangkal bakteri dan menjaga tingkat pH seimbang. Secara otomatis ini akan merangsang pertumbuhan rambut. Cuka apel dapat mengelupas kulit kepala dengan lembut yang akan meningkatkan pertumbuhan rambut dan lebih sehat.

5. Membuat Rambut Halus, Lembut, dan Berkilau

Produk penataan rambut bisa membuat kusam dan rentan kusut. Cuka apel membantu menghilangkan penumpukan rambut, sehingga mudah diatur.

6.  Mengembalikan Tekstur Alami Rambut

Menambahkan cuka apel ke rutinitas perawatan rambut Anda mungkin membantu memulihkan tekstur alami rambut setelah mengalami kerusakan dari alat, produk, dan  stres lingkungan.

Cuka apel juga membantu menghaluskan helai rambut melalui asam alfa hidroksi yang terkandung di dalamnya.

Editor           : Novianti Setuningsih
Reporter      : Inriyani Sembiring

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini