alexametrics

Sering Dibohongi Pasangan? Kenali 7 Tanda Paling Jelas

15 Februari 2019, 07:25:06 WIB

JawaPos.com – Dibohongi dan dikhianati adalah kondisi yang menyakitkan. Rasa percaya yang sudah dipupuk, sulit untuk dipertahankan. Apalagi jika sikap berbohong itu dilakukan terus menerus atau secara fatal.

Maka janganlah pikiran dibutakan oleh cinta semata. Dilansir dari Pop Sugar, Kamis (14/2), banyak tanda atau ciri yang jelas terlihat dari pasangan yang hobi berbohong. Mereka mampu berkelit dan membuat pasangannya percaya atas sikap dan kata-katanya.

Menawan dan Memesona

tips percintaan, tanda pasangan bohong,
Mereka yang jago berbohong biasanya manipulatif, percaya diri, fasih, cerdas, mampu menyeimbangkan rasa bersalah dan ketakutan. (Istimewa)

Peneliti Belanda Aldert Vrij menyusun daftar 18 karakteristik seorang pembohong yang lihai. Mereka yang jago berbohong biasanya manipulatif, percaya diri, fasih, cerdas, mampu menyeimbangkan rasa bersalah dan ketakutan. Itulah sebabnya Bad Boy atau Bad Girl yang senang memainkan hati seseorang dianggap keren dan mengagumkan.

Sulit Dipercaya

Mereka bisa menghalangi atau mencari seribu alasan agar kebohongannya bisa tertutupi. Mereka berjanji akan melakukan hal apa saja demi pasangan, tetapi kata-katanta sulit dipercaya. Bahkan hal itu bohong.

Berkata Tak Sesuai Hati

Apa yang diucapkannya tak demikian faktanya di dalam hati. Gemar merayu dan gombal sehingga hati pasangan luluh. Misalnya mereka mengatakan langit itu ungu, padahal langit berwarna biru. Namun pasangan sering saja luluh dengan perkatannya.

Pembual dan Suka Mengarang Cerita

Dalam sebuah eksperimen, profesor komunikasi Stanford Jeff Hancock dan tim risetnya membayar orang untuk menulis ulasan palsu tentang sebuah hotel di New York. Para pembohong, sangat baik pada tulisan dan narasi. Mereka pandai mengarang cerita.

Perhatikan Kalimat dan Gaya Bicaranya

Mereka menggunakan frasa seperti ‘Sepertinya begini’, ‘sejauh yang saya tahu’ bahkan parahnya lagi bisa mengatakan ‘bersumpah demi Tuhan’. Lalu selanjutnya mengulur waktu dan mengalihkan perhatian pasangan. Dan juga tidak menjawab pertanyaan.

Meyakinkan

Mereka menggunakan kata-kata yang memenuhi syarat. ‘Terus terang, sejujurnya’. ‘Percayalah padaku’ namun itu tak didukung dengan gestur tubuh yang sesuai.

Sulit Menemukan Bukti Kuat

Satu-satunya cara yang dapat diandalkan untuk mendeteksi kebohongan adalah dengan memiliki bukti nyata. Bisa berupa bukti SMS, email, akun bank, catatan telepon, video, foto, bahkan hingga akun bank.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Sering Dibohongi Pasangan? Kenali 7 Tanda Paling Jelas