alexametrics

Usai Keramas, Bolehkah Tidur dengan Rambut Basah? Ini Jawabannya

15 Januari 2018, 13:00:15 WIB

JawaPos.com – Satu hal yang paling malas dilakukan usai keramas adalah mengeringkan rambut. Usai mandi, biasanya tubuh menjadi segar dan mata mulai mengantuk. Karena itu, banyak orang tertidur dengan rambut yang masih basah.

Sebetulnya, apakah kebiasaan itu baik?

Penata Gaya dari KMS Global Amerika Serikat, Lori Panarello, menjelaskan sebetulnya tak ada masalah tidur dengan rambut yang masih basah, asalkan tidak terlalu kuyup. 

Usai Keramas, Bolehkah Tidur dengan Rambut Basah? Ini Jawabannya
Ilustrasi usai keramas (PopSugar)

“Ya, tidak apa-apa tidur dengan rambut basah,” seperti dilansir dari PopSugar, Senin (15/1).

Menurutnya, tidur dengan rambut basah justru akan membuat hasil maksimal saat bangun tidur dengan menambahkan kesan ikal alami. Maka cara itu cocok bagi perempuan yang menginginkan rambutnya ikal.

“Membiarkan rambut lembap dapat meningkatkan pola gelombang alami, sehingga memberikan tampilan alami dan hidup,” ungkap Lori.

Tentu saja, kata dia, tetap membiarkan rambut kering secara alami selalu lebih baik untuk kesehatan rambut. Minyak alami rambut saat kering memungkinkan struktur rambut tetap utuh sekaligus menjaganya agar tidak kering dan pecah.

“Jadi baik kering atau masih basah tak apa, asal jangan pernah tidur dengan rambut basah kuyup,” ujarnya mengingatkan.

Dia menambahkan rambut biasanya akan menjadi lembap ketika pagi hari, sehingga jangan hanya mengeringkan rambut dengan angin yang kencang karena itu akan menyebabkan rambut menjadi keriting. Sebaliknya, usai keramas, peras airnya dengan lembut sehingga tidak merusak kutikula rambut.

“Jika rambut masih lembap di pagi hari, maka keringkan dengan pengering rambut dengan kecepatan rendah,” kata Lori.

Begitu rambut kering, tambahkan produk styling ringan, seperti hairspray atau styling creme, sehingga usai keramas, kaum hawa tak akan mendapatkan rambut mengembang seperti singa.

Editor : Indra Sanjaya

Reporter : (ika/ce1/JPC)

Usai Keramas, Bolehkah Tidur dengan Rambut Basah? Ini Jawabannya