JawaPos Radar | Iklan Jitu

Kiat Mudah Membersihkan 8 Alat Kecantikan di Rumah

14 Desember 2018, 07:50:59 WIB
8 Alat Kecantikan yang Harus Dibersihkan dan Kiat Mudah Membersihkannya
Sisir juga harus rajin dibersihkan karena sisir yang kotor bisa membua rambut terlihat kusam. (her beauty)
Share this

JawaPos.com - Produk kecantikan memang dapat menyulap penampilan perempuan menjadi lebih cantik dan terlihat berbeda. Tetapi, bukan hanya produk kecantikan yang membantu perempuan dalam kehidupan sehari-hari, tentu dengan didukung alat kecantikan yang membuat prosesnya jauh lebih mudah.

Oleh karena itu, alat-alat kecantikan harus rajin dibersihkan. Seperti brush, sponge, sisir, ultrasonic facial brush, dan yang lainnya.

Dilansir dari Her Beauty, Kamis (13/12), ternyata alat-alat kecantikan tersebut bisa dibersihkan dengan mudah di rumah. Berikut 8 alat kecantikan dan kiat membersihkannya.

8 Alat Kecantikan yang Harus Dibersihkan dan Kiat Mudah Membersihkannya
Brush harus dibersihkan seminggu sekali. Apalagi, jika sering digunakan. (her beauty)

1. Spons Make-up

Idealnya, make-up sponge atau beauty blender dibersihkan setelah digunakan. Yang Anda butuhkan untuk membersihkannya adalah sabun ringan atau sampo dan air hangat.

Cara terbaik untuk membersihkannya adalah dengan merendamnya dalam air hangat sampai benar-benar mengembang, lalu gunakan sedikit sampo lembut ke dalamnya dan bilas di bawah air mengalir jernih.

Alternatif lain, bisa merendamnya dalam air bersabun untuk membersihkan secara mendalam, kemudian dibilas.

2. Brush Make-up

Anda bisa membersihkan brush seminggu sekali. Prosesnya sama dengan membersihkan spons kecantikan.

Basahi brush dengan air dingin, taruh sampo di tengah tangan dan kibaskan sikat basah di dalamnya untuk menyingkirkan sisa riasan yang menempel. Setelah itu bilas, ratakan untuk mengeluarkan semua air dan letakan di handuk untuk dikeringkan semalaman.

Untuk brush, Anda hanya perlu membasahi bagian bulunya bukan bagian pegangan. Karena jika membasahi pegangan justru akan merusak perekat dan bulu menjadi rontok.

3. Sisir

Tahukah Anda jika tidak membersihkan sisir dapat membuat rambut terlihat kusam dan kotor bahkan setelah keramas?

Sebagian besar orang berpikir bahwa membersihkan sisi dengan membersihkan rambut yang menempel saja sudah cukup. Padahal, banyak kotoran yang masih menempel di sisir tersebut.

Cara membersihkannya yang benar adalah dengan memastikan tidak ada rambut tersisa di sisir. Kemudian, gunakan air hangat dan sampo untuk membersihkan kotoran, kulit mati, residu produk rambut dari sikat sisir. Jangan ragu untuk menggunakan sikat gigi lama untuk bantu membersihkannya.

4. Pembersih Wajah Ultrasonik

Tentu sudah banyak kotoran dari wajah yang menempel pada bulu sikat pembersih wajah ultrasonik yang sudah lama dipakai. Seperti sel kulit mati, residu make-up dan kotoran lainnya.

Oleh karena itu, pembersih wajah jenis ini juga wajib dibersihkan. Caranya, lepaskan kepala sikat dan gunakan sabun antibakteri untuk membersihkan bulu sikat dan alasnya. Sikat gigi lama juga akan membantu di sini. Bilas dan biarkan kering semalam sebelum merakitnya kembali.

5. Pinset, Gunting, Gunting Kuku

Bersihkan semua peralatan manicure dan pedicure logam Anda dan pinset dengan air panas dan sabun antibakteri. Pastikan untuk membersihkan setiap celah kecil dengan bantuan sikat gigi lama.

6. Pengeriting Bulu Mata

Pengeriting mata yang kotor akan melekat pada bulu mata Anda. Jadi, pastikan untuk membersihkannya secara menyeluruh dengan kapas yang sudah ditetesi alkohol. Bilas setelahnya dengan air dingin dan biarkan di udara kering.

7. Peraut Pensil Rias

Pensil bibir atau pensil alis yang mengandung bakteri karena peraut yang kotor. Itulah mengapa Anda harus membersihkan rautan pensil setelah digunakan dengan alkohol.

8. Alat Styling Rambut 

Pastikan Anda untuk membersihkan alat styling rambut, seperti catokan atau pengeriting setidaknya sekali seminggu. Untuk melakukan ini pastikan alat Anda dicabut dari daya listrik.

Bersihkan dengan kapas lembut dan alkohol dengan cara digosok. Karena tidak dapat dibilas dengan air, maka bersihkan dengan handuk basah yang bersih kemudian keringkan.

Editor           : Novianti Setuningsih
Reporter      : (Inr/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini