JawaPos Radar

Potret Ibu Zaman Now, Panggil Keluarga Makan Pakai Medsos

14/12/2017, 23:29 WIB | Editor: Muhammad Syadri
Potret Ibu Zaman Now, Panggil Keluarga Makan Pakai Medsos
Para narasumber konferensi pers Choco Pie : artis Ussy Sulistiawaty, Brand Manager Lotte Indonesia Oci C Maharani/artis Carissa Puteri/psikolog anak dan remaja Vera Itabiliana Hadiwidjojo (Rieska Virdhani/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Era digital membuat semua budaya berubah. Bagi keluarga modern, gadget yang didukung internet tak dapat dilepaskan dari keseharian untuk memudahkan segaka kebutuhan hidup. Bahkan berdasarkan penelitian, 79 persen ibu di Indonesia menjadikan internet sebagai media pencarian informasi yang utama.

Psikolog Anak dan Remaja Vera Itabiliana Hadiwidjojo menilai saat ini sudah terjadi pergeseran kebiasaan sehari-hari di lingkungan rumah, masing-masing anggota keluarga kian tenggelam dalam gadget. Kebersamaan orang tua dan anak pun berubah seiring tumbuh kembang anak.

"Di Jakarta sudah terjadi tuh. Kehidupan di rumah modern, satu hari libur semua di rumah di kamar masing-masing. Ibunya selesai masak panggil anak-anak dan suaminya makan dengan WhatsApp grup, sudah enggak teriak-teriak lagi," kata Vera dalam konferensi pers bersama Lotte Choco Pie, Kamis (14/12).

Vera menyebutkan berdasarkan penelitiam di Inggris, sebanyak 86 persen keluarga memilih berada di kamar masing-masing ketika liburan. Mereka lebih suka bermain gadget saat libur di kamar masing-masing.

"Saat jalan-jalan ke mal pun semua sibuk berdoa alias menunduk ke gadget. Kumpul makan sama keluarga tapi enggak berinteraksi," ujarnya.

Orang tua menghabiskan lebih sedikit waktu bersama anak saat anak memasuki usia 5-12 tahun. Padahal orang tua, khususnya ibu, tetap berperan dalam tumbuh kembang dan pendidikan anak.

"Ibu modern kini berkompetisi dengan cepatnya arus informasi. Maka mereka harus mampu mengimbangi pemanfaatan gadget secara bijak agar keluarga tetap erat," tegas Vera.

Brand Manager Lotte Indonesia Oci C Maharani menyambut hari ibu zaman now dengan mengedepankan tema premium bonding moment. Artinya, setiap ibu diajak untuk lebih erat memperhatikan keluarganya khususnya anak-anak mereka.

"Momen tepat agar para orang tua yang sibuk dengan gadget agar ingat betapa pentingnya premium bonding moment, agar aktivitas ibu dan anak menjadi lebih erat," ungkap Oci.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up