JawaPos Radar

Raih Manfaat Pepaya yang Ampuh Atasi Kulit Hitam Hingga Kerutan

14/08/2018, 15:35 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
manfaat pepaya, khasiat pepaya, manfaat pepaya untuk wajah, tips merawat wajah, cara membuat masker pepaya,
Buah pepaya dipercaya bisa mengatasi masalah kulit hitam. (Boldsky)
Share this

JawaPos.com - Paparan sinar matahari perlahan akan membuat kulit terlihat cokelat, kering bahkan terbakar lalu menghitam. Saat ini terdapat perawatan rumahan yang lebih aman dan efektif dalam memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari. Selain tomat, oatmeal, jus lemon, terdapat buah pepaya matang yang bisa digunakan.

Lalu, bagaimana pepaya ini bisa bekerja? Dilansir dari Boldsky, Selasa (14/8), pepaya matang disebut-sebut menjadi obat instan yang sangat baik untuk kulit gelap tak merata akibat paparan sinar UV.

Selain itu, pepaya bermanfaat memulihkan kesehtana kulit alami karena diperkaya dengan vitamin dan nutrisi. Pepaya mengandung enzim papain, yang merupakan senyawa menakjubkan untuk menghilangkan efek hitam dari kulit terbakar. 

Senyawa seperti vitamin E dalam pepaya juga bermanfaat untuk menyembuhkan dan menenangkan kulit terbakar. Selain itu, pepaya matang juga bermanfaat untuk menangkal tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan yang sering muncul akibat paparan sinar UV.

Bagaimana Cara Menggunakan Pepaya Matang Untuk Atasi Kulit Gosong?

Pepaya matang dapat digunakan dengan berbagai cara berbeda. Anda dapat langsung mengaplikasikannya ke kulit atau menggunakannya dalam kombinasi pengobatan rumah lainnya seperti perasan lemon. Simak dan ikuti caranya berikut,

1. Metode 1

Kupas pepaya matang dan potong beberapa bagian. Hancurkan potongan hingga lembut seperti pasta. Oleskannya ke seluruh area yang terkena. Pijat perlahan selama beberapa menit dan biarkan selama 20 menit. Lalu cuci dengan air biasa untuk hasil instan.

2. Metode 2

Ambil 1 sendok makan pasta pepaya dan campur dengan 1 sendok teh madu organik dan ½ sendok teh jus lemon. Taruh campuran yang dihasilkan dalam blender untuk mendapatkan pasta halus. Oleskan pada area yang terkena dan pijat perlahan selama beberapa menit. Bilas sampai bersih dengan air biasa.

(fid/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up