alexametrics

Ini Alasannya Rambut Harus Segera Dikeringkan Usai Keramas

14 Agustus 2018, 07:55:47 WIB

JawaPos.com – Sebagai mahkota perempuan, rambut perlu dirawat kesehatannya. Tak cukup dengan pemberian vitamin dan shampo, namun cara mengeringkan rambut juga perlu diperhatikan. 

Dilansir dari Harper’s Bazaar, Selasa (13/8), ahli perawatan rambut, dr. Tim Moore mengatakan, rambut yang dibiarkan basah terlalu lama secara perlahan akan merusak tekstur. Menurutnya, kesalahan besar yang sering dilakukan kaum hawa adalah membiarkan rambut mengering dengan sendirinya, tanpa segera dikeringkan dengan alat pengering.

“Membiarkan rambut Anda basah dapat memberi tekanan ketika menjuntai, akhirnya melemahkan (ujung rambut). Seharusnya tidak membiarkan rambut Anda basah untuk waktu yang lama”, jelas Dr Moore.

Ia menerangkan rambut manusia terdiri dari korteks, yang merupakan area berdirinya rambut. Kemudian terdapat kutikula di sekitar sisi, yang menjadi pelindung bagi kulit kepala. Sehingga, sat kedua bagian ini basah, maka tekstur rambut akan melebar dan memberi tekanan pada kutikula.

“Ketika basah, rambut akan kehilangan kekuatannya. Sehingga dalam jangka panjang rambut Anda berisiko patah dan bercabang jika membiarkannya basah kuyup. Terutama karena rambut yang baru dicuci yang tampaknya membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan,” lanjutnya.

Jadi apa yang sebaiknya Anda lakukan? Nah, untuk menjaga rambut dalam kondisi prima, ia merekomendasikan untuk mengeringkannya dengan pengering rambut dengan suhu rendah untuk menghilangkan kelembapan berlebih. 

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : (fid/JPC)

Ini Alasannya Rambut Harus Segera Dikeringkan Usai Keramas