JawaPos Radar

Tak Ingin Pori-Pori Wajah Membesar? Lakukan Cara Mudah Ini

14/07/2018, 16:35 WIB | Editor: Novianti Setuningsih
cuci wajah
Ilustrasi: minimal cuci wajah sebanyak 2 kali sehari. Lalu aplikasikan pelembab wajah dengan benar untuk mengatasi pori-pori wajah membesar. (boldsky)
Share this image

JawaPos.com - Untuk mendapatkan kulit cantik salah satunya dengan rajin membersihkan kulit wajah setiap dua kali sehari. Penumpukan minyak atau kotoran di kulit dapat berkontribusi membuat pori-pori tampak membesar karena terjadi sumbatan. Kulit pun menjadi gampang kusam dan berjerawat.

Dilansir dari Hello Magazine, Sabtu (14/7) seorang celebrity facialist, Sarah Chapman, mengatakan orang dengan kulit berminyak secara alami cenderung memiliki pori-pori yang lebih besar karena kelenjar minyak mereka lebih aktif.

"Usia juga dapat berdampak pada ukuran pori karena kolagen mulai terurai di kulit, menciptakan kurangnya elastisitas dan kekenyalan yang menyebabkan pori-pori membesar," ungkapnya.

Tuna
Ilustrasi: konsumsi makanan kaya kandungan omega, seperti ikan membantu mengecilkan pori-pori pada wajah. (hello magazine)

Namun jangan khawatir, Sarah mengatakan hal ini dapat diatasi dengan mudah. Salah satunya dengan konsumsi makanan sehat serta rajin membersihkan kulit wajah. Dia menyarankan untuk tidak menyentuh bagian pori atau bintik-bintik kulit dengan tangan. Sebab, tangan mengandung sejumlah kuman yang beresiko terhadap jaringan parut.

Cara termudah untuk membersihkannya adalah pertama-tama, cuci tangan. Kemudian, mulailah dengan menggunakan steamer wajah untuk membuka pori-pori dan menyiapkan kulit. Oleskan pembersih bilas seperti Ultimate Cleanse ke seluruh wajah, menggunakan teknik-teknik pijat. Selanjutnya, pijat lembut ke lingkaran noda dengan ujung jari-jari untuk melunakkan penyumbatan kotoran lebih lanjut.

Langkah selanjutnya adalah oleskan pelembab ke wajah secara merata dan mulailah pijat dengan tekanan lembut ke salah satu sisi noda. Penting untuk selalu menggunakan ujung jari-jari. Selain itu perawatan kulit seperti microneedling dan sinar laser dapat memiliki efek yang baik untuk mengecilkan pori-pori.

"Karena pori-pori yang membesar sangat ditentukan oleh genetika, kita tidak pernah dapat secara fisik mengurangi ukuran pori. Tetapi, kita tentu saja dapat bekerja untuk secara efektif meminimalkan penampilan dengan menjaga kebersihan dan bebas dari penumpukan kotoran dan sel-sel kulit mati," sambungnya.

Selain perawatan kulit, Sarah juga mengungkapkan harus mengonsumsi makan sehat dengan diet yang tepat. Diet anti-inflamasi dapat mengatur minyak berlebih untuk mencegah kulit berjerawat dan tersumbat.

Caranya adalah dengan menghindari makanan bergula dan bertepung. Sebaliknya, lebih banyak konsumsi makanan yang kaya akan omega, seperti ikan dan makanan penuh vitamin B2 seperti bayam, almond, dan telur.

(fid/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up