JawaPos Radar

Tak Ada Batas Kadaluarsa, 10 Makanan Ini Aman Disimpan Lama di Kulkas

14/03/2018, 18:44 WIB | Editor: Novianti Setuningsih
Sirup maple
Sirup maple murni cenderung tahan lama. Jadi, bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama. (boldsky)
Share this image

JawaPos.com - Fungsi kulkas tentu bisa mengawetkan makanan lebih tahan lama. Namun, ada sejumlah makanan dan minuman tertentu yang memiliki batas waktu kadaluarsa. Meski sudah disimpan di dalam kulkas, akan berbahaya atau menjadi racun jika tetap dikonsumsi.

Akan tetapi ada juga sejumlah makanan yang tak memiliki batas waktu kadaluarsa. Dilansir dari Boldsky, Rabu (14/3), ada sepuluh makanan yang tak memiliki batas waktu kadaluarsa sehingga boleh disimpan di dalam kulkas lebih lama. Apa saja?

1. Nasi Putih 

Beras adalah contoh produk makanan yang memiliki masa simpan lebih lama. Beras putih bahkan bisa bertahan hingga 30 tahun, jika disimpan dalam wadah bebas oksigen. Maka simpan nasi akan lebih baik di bawah suhu 40 derajat.

2. Susu Bubuk 

Boleh saja disimpan lama dengan menguapkan susu dan membuatnya kering. Susu bubuk memiliki masa simpan lebih lama dari pada susu cair. Bahkan, tidak perlu disimpan di kulkas.

Kacang merah
Kacang merah termasuk jenis kacang yang bisa disimpan lama. (boldsky)

3. Kacang Kering 

Kacang kering seperti kacang merah, kacang polong, kedelai, dan lain-lain, adalah kacang paling renyah saat dimasak. Tapi, yang terpenting adalah kacang memiliki masa simpan lebih lama.

4. Kecap 

Saus kedelai banyak digunakan dalam membuat resep masakan Cina yang membawa rasa aromatik ke dalam piring. Sebotol kecap bisa bertahan bertahun-tahun jika hanya disimpan di kulkas.

5. Sirup Maple 

Sirup maple organik memiliki masa simpan lebih lama karena bisa mengusir pertumbuhan jamur.

Madu murni
Madu murni juga tahan lama, sehingga tidak perlu disimpan dalam kulkas. (boldsky)

6. Madu 

Madu adalah produk alami. Madu alami bahkan bisa bertahan selamanya. Itu karena pengolahan madu oleh lebah, membuat masa simpannya lebih lama.

7. Gula 

Gula awet karena tidak terpapar pertumbuhan bakteri. Asalkan penting untuk menyimpan gula dalam wadah kedap udara.

Cuka
Cuka juga tahan lama. (boldsky)

8. Cuka 

Cuka bisa bertahan selama bertahun-tahun. Jadi, tidak perlu khawatir tentang tanggal kadaluarsa cuka.

9. Pasta Kering

Pasta kering adalah makanan yang tahan lama karena tidak memiliki kelembaban. Pastikan menyimpan pasta di tempat yang sejuk dalam wadah tertutup rapat. Jika disimpan dengan benar maka pasta bisa disimpan selama berbulan-bulan.

10. Ekstrak Vanilla 

Biasa digunakan dalam membuat makanan pencuci mulut dan memiliki rasa dan warna. Menyimpan ekstrak vanili selama berbulan-bulan tidak masalah.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up