JawaPos Radar

Ingin Kulit Terlindung dari Sinar UV? Ganti Kaca Rumah Berjenis Ini

14/03/2018, 10:20 WIB | Editor: Novianti Setuningsih
Laminated Safety Glass
Ilustrasi gedung atau bangunan menggunakan Laminated Safety Glass. (Mick Eekhout, Octatube/TU Delft)
Share this image

JawaPos.com - Tak hanya di luar rumah, di dalam pun ternyata bisa juga terkena paparan sinar matahari. Bahaya sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari tentu tak baik bagi kesehatan kulit.

Penggunaan kaca jendela ternyata bisa memengaruhi berapa banyak paparan sinar UV yang masuk ke dalam rumah. Kemudian, terungkap ada jenis kaca yang jauh lebih ramah kulit yang bisa menangkal paparan sinar matahari.

"Jadi ada jenis kaca yang bisa menangkal sinar UV. Kaca lapis berupa safety glass bisa untuk gedung dan rumah," jelas Ketua Umum Asosiasi Kaca Lembaran dan Pengaman (AKLP), Yustinus H. Gunawan, dalam konferensi pers menjelang pameran industri kaca glasstec 2018, Selasa (13/3).

Contoh rumah dengan Reflective Glass House
Contoh rumah dengan Reflective Glass House. (dok homedit.com)

Jenis kaca tersebut adalah Laminated Safety Glass. Dengan menggunakan kaca jenis ini, masyarakat di dalam rumah pun tak perlu menggunakan sunblock atau tabir surya.

"Bisa tahan lebih dari 20 tahun. Awet. Sehingga paparan sinar matahari tak tembus kulit di dalam rumah," paparnya.

Tak hanya kaca di rumah dan gedung, ada pula jenis kaca khusus yang sebaiknya digunakan di rumah sakit. Penggunaan kaca ini sudah banyak di Eropa, yakni kaca dilapis perak yang aman untuk pasien.

"Beda kalau di rumah sakit, ada kaca yang dilapisi perak sehingga antibakteri, misalnya penggunaan di ruang operasi atau dinding ruang perawatan dan rawat inap," tandas Yustinus.

Berbagai jenis kaca untuk hunian, perkantoran, dan fasilitas publik bisa disimak dalam ajang pameran Glasstec 2018, yang akan diadakan di Duesseldorf, Jerman pada 23–26 Oktober 2018.

(ika/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up