alexametrics

Ivan Gunawan Tampilkan Gaun Mewah Berkarakter Doraemon di Modo 2019

14 Februari 2019, 16:00:37 WIB

JawaPos.com – Bukan Ivan Gunawan namanya jika tidak memberikan kejutan dalam tiap karyanya. Kali ini, lewat tangan dinginnya, Ivan kembali menelurkan koleksi busananya bertajuk ‘Kuroba’.

Koleksi ‘Kuroba’ yang terinspirasi dari kartun Doreamon ini tampil mengagumkan di bawah sorot lampu Pekan Peragaan Modo 2019. Perlu diketahui, Modo merupakan bahasa Jepang yang artinya mode. Namun di Indonesia sendiri Modo ini bisa diartikan sebagai Mode Doraemon.

“Kuroba ini diadaptasi dari bahasa Jepang yang memberi makna bahwa Doraemon adalah sosok yang imajinatif seperti bisa terbang dan saya juga punya imajinasi yang ajaib seperti kantong Doraemon yang ajaib,” kata Ivan Gunawan, desainer, ketika ditemui di acara yang sama.

ivan gunawan, tren mode, modo 2019,
Ivan Gunawan membawakan 30 koleksi yang terdiri dari 25 busana perempuan dan lima busana pria. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Ivan Gunawan membawakan 30 koleksi yang terdiri dari 25 busana perempuan dan lima busana pria. Keseluruhan busana didominasi dengan warna hitam, putih, gold, dan ada motif print dengan karakter Doraemon beserta teman-teman didalamnya.

Walau diadaptasi dari film kartun Doraemon, busana ini tetap mengikuti gaya busana karakter Ivan Gunawan yang mewah, timeless, dan elegan. Seperti gaun malam yang biasa Ivan Gunawan rancang sebelumnya.

“Membutuhkan waktu yang lama sekitar satu tahun karena Doraemon sudah memiliki pakem yang tidak bisa diubah, sehingga saya harus teliti dari segi detail-detail, siluet, rasa, sesuai dengan presentasi,” tambah Ivan Gunawan.

Ia juga mengatakan walau meletakkan karakter Doraemon dan teman-teman, busana ini dipakai untuk orang dewasa yang dibuat siap pakai. Pada fashion show Kuroba tersebut terdiri dari tiga sequence.

Pertama karakter Doraemon dimasukan dalam bentuk motif print dengan potongan gaun lurus, longgar, dan bertumpuk dalam gaya harajuku yang edgy. Bahan yang digunakan beragam, mulai dari katun hingga mika.

Kedua menampilkan busana Japanese men’s streetwear dengan gaya oversize freestyle yang memiliki sentuhan motif Doraemon. Terdiri dari blazer, kemeja, dan long coat yang serba longgar.

Ketiga, karakter Doraemon tersublim menjadi bentuk yang lebih halus dengan desain sophisticated, elegan dan clean. Koleksi ini didominasi dengan tekstil polos modern seperti mikado, brokat, velvet, tulle hingga netting dalam hitam dan putih.

Karakter Doraemon tak hanya muncul dalam motif dan bordir tapi juga hadir dalam bentuk topi, baling-baling, dan lonceng. Ivan sendiri berkolaborasi dengan desainer berkelas dunia, Rinaldy Yunardi untuk menciptakan aksesori bentuk ciri khas Doraemon tersebut.

Perlu diketahiu, Modo 2019 bukan hanya menampilak Ivan Gunawan. Deretan desainer papan atas lainnya pun akan turut serta dalam Pekan Peragaan Busana Doraemon Modo 2019.

Seperti Monday To Sunday, JII by Gloria Agatha, Third Day, Three Mongkis, Harajuku x Hannie Hananto. Acara peragaan Modo 2019 akan ada pada tanggal 13-14 Februari 2019 di Atrium Grand Indonesia.

Sementara untuk pop up store hadir sejak 11 Februari hingga 3 Maret 2019. Selain koleksi busana, karakter Doraemon juga muncul dalam bentuk sepatu, tas aksesori, clutch, tali jam tangan, dompet, kaos kaki, tas anyam, dan sepatu.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Ivan Gunawan Tampilkan Gaun Mewah Berkarakter Doraemon di Modo 2019