JawaPos Radar

Simak 3 Saran Dokter Mengatasi Kulit Berminyak dan Komedo Pada Pria

13/09/2018, 07:08 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
tips hilangkan komedo, cara atasi kulit berminyak,
Ilustrasi. Ada tiga cara bagi pria untuk menghilangkan komedo. (MensXP.com)
Share this

JawaPos.com - Tak hanya perempuan, kaum Adam juga perlu merawat kulit wajahnya. Sebab, paparan sinar UV, debu dan polusi akan menyebakan kulit mudah berminyak dan timbul komedo. Jika tak rutin dibersihkan, bukannya tak mungkin kulit akan menjadi kusam hingga timbul iritasi.

Menurut Dokter Kulit, dr. Eddy Karta, Sp.KK, secara umum kulit pria akan berubah setelah fase akil balik, karena hormon testosteron akan meningkat. Akibatnya produksi kelenjar minyak jadi berlebihan sehingga timbul komedo dan jerawat. Oleh sebab itu, perawatan di fase tersebut harus segera dimulai.

"Di awal umur 20 tahun, umumnya kulit pria sudah mengalami perubahan hormon, sehingga kelenjar minyak akan berlebih dan komedo muncul. Nah diusia ini sebaiknya pria sudah rutin minimal pake pelembab dan tabir surya," jelas dokter Eddy ditemui usai mengisi acara Oriflame di kawasan Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (12/9).

Untuk itu, dr. Eddy menyarankan agar pria melakukan tiga tahapan penting ini dalam merawat kulit wajah untuk tetap sehat dan bersih. Apa saja?

1. Pilih Produk Antioksidan dan Black Charcoal

Secara anatomi, menurut Eddy kulit pria cenderung lebih tebal dan lamban terjadi penuaan dibanding perempuan. Namun elastisitas kulit ini perlahan akan menurun apabila sedari awal tak dilakukan perawatan yang intensif.

Untuk produk perawatan yang efektif, pihaknya menyarankan agar memilih produk skin care atau pelembab yang mengandung sifat antioksidan tinggi. Pasalnya kandungan bahan tersebut mampu menghidrasi kulit hingga ke sel bagian dalam.

"Selain itu pake produk dengan bahan black charcoal (arang) yang khusus dirancang untuk pria. Sebab arang itu sifatnya absorbent, jadi mudah menyerap minyak dan kotoran," imbuhnya.

2. Pilih Pencuci Muka yang Tepat

Sama seperti perempuan, pria perlu mengenali jenis kulitnya. Menurutnya kelenjar minyak tidak hanya dialami oleh jenis kulit berminyak, namun bisa terjadi karena faktor dehidrasi, udara kering dan paparan AC.

"Pria sering salah mengganggap kulit berminyak lalu pake produk antiminyak yang notabene agak keras sehingga justru makin iritasi, kering dan jerawat. Pada pria intinya mengenali seberapa perlu ia mencuci muka," tegasnya.

Lebih lanjut Eddy mengatakan, untuk kulit pria yang sering terpapar polusi dan debu dihimbau untuk menghindari produk dengan bulir yang kasar. Sebaliknya ia menyarankan untuk memilih jenis foam, gel atau lotion yang dirancang tanpa menimbulkan minyak di permukaan kulit.

"Idealnya cuci muka minimal dua kali, pagi dan malam. Prinsipnya menggunakan cleansing bersifat oil. Apalagi kalo sering kena polusi dan debu," tambahnya.

3. Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Selain perawatan dari luar dengan produk skin care, pihaknya juga menekankan pentingnya konsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan. Pasalnya bahan makanan itu dapat menutrisi hingga ke jaringan kulit. Sebaliknya untuk masalah kulit jerawat dan iritasi, justru disarankan untuk menghindari makanan manis dan susu.

(fid/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up