JawaPos Radar

Kapas Pilihan Asal AS Bisa Disulap Jadi Bahan Katun yang Nyaman

13/09/2018, 07:39 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
CCI, cotton council international, kapas AS, manfaat kapas, bahan pembuat katun,
CCI (Cotton Council International), asosiasi perdagangan nirlaba yang mempromosikan serat kapas AS kepada industri tekstil. (Rieska Virdhani/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Dalam memilih busana, masyarakat tak hanya mencari pakaian yang bagus dari segi penampilan. Akan tetapi juga yang terbaik dari sisi bahan. Jika bicara bahan katun, tentu harus berasal dari kapas pilihan.

CCI (Cotton Council International), asosiasi perdagangan nirlaba yang mempromosikan serat kapas AS (Amerika Serikat) dan produk kapas manufaktur di seluruh dunia dengan merek dagang Cotton USA™. Dalam pertemuan dengan para pelaku usaha tekstil Indonesia di Hotel JW Marriott Mega Kuningan, Jakarta, diperkenalkan inovasi teknologi terbaru yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas produksi tekstil.

Executive Director of CCI Bruce Atherle menjelaskan dengan teknologi terbaru, kapas bisa digunakan untuk berbagai jenis produk tekstil berbahan seperti bahan pakaian, tekstil untuk perabotan, dan tekstil untuk kebutuhan rumah tangga. Menurutnya, kualitas bahan bisa menentukan kenyamanan penggunanya.

"Tentu kapas pilihan akan membuat bahan katun lebih nyaman, adem dan mudah menyerap keringat. Kapas AS 100 persen dipetik menggunakan mesin sehingga bebas kontaminasi. Semua kapas yang tumbuh di Amerika Serikat terdaftar di U.S. Department of of Agriculture (USDA) menggunakan sistem High Volume Instrument (HVI)," paparnya.

kapas AS, manfaat kapas, bahan pembuat katun,
Ilustrasi perkebunan kapas di area U.S Cotton. (dok Splinter Creative)

President of CCI Ted Schneider menjelaskan pihaknya menawarkan peluang baru bagi para desainer dan pelaku industri fashion serta tekstil dengan bahan berkualitas. Umumnya, kata dia, produksi kapas AS mengikuti berbagai peraturan yang ketat dan wajib dilaksanakan.

"Para petani kapas AS menggunakan teknologi. Pekerjaan terkomputerisasi sehingga pengurangan jumlah penggunaan air dan pelestarian bibit bisa dilaksanakan. Tentu kontrol kualitas produk kapas AS mulai dari hulu hingga hilir," tegasnya.

Keunggulan serat kapas asal AS diklaim lebih lembut dan nyaman yang dikembangkan mulai dari petani kapas dan eksportir, hingga merek dan pengecer. Kapas AS sebagai serat pilihan merambah pabrik, merek/pengecer dan konsumen, desainer industri fashion, yang memberikan nilai tambah premium pada bahan katun.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up