alexametrics

Resep 5 Jus Sayuran yang Berkhasiat Untuk Turunkan Berat Badan

13 Maret 2019, 07:47:28 WIB

JawaPos.com – Tak selalu jus buah-buahan yang bisa dijadikan sebagai minuman untuk turunkan berat badan. Tapi jus sayur juga sangat ampuh, dibanding harus memasaknya.

Jus sayur mengandung serat dan masih memiliki nutrisi yang tinggi karena tidak melalui proses pengolahan memasak. Setidaknya ada 5 jus sayur yang bisa jadi rekomendasi untuk Anda yang sedang ingin turunkan berat badan. Konsumsilah secara rutin jika ingin hasil yang maksimal.

1. Jus Labu

jus sayuran, jus wortel, jus labu, jus seledri, manfaat jus sayuran, cara turunkan berat badan,
(VavistaLife)

Labu memiliki sejumlah vitamin dan mineral penting, yang memiliki antioksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh dari vitamin C. Sayuran ini sangat penting untuk bantu diet dan turunkan berat badan.

Jika Anda kurang suka mengkonsumsi dengan memakannya, Anda bisa olah dengan cara jus. Jus labu sangat rendah kalori dan lemak. Setiap 100 gram sayuran labu hanya mengandung 26 kalori.

Membuat jus labu cukup mudah. Kupas dan buang biji labu Anda, potong dadu kecil dan blender, dilansir dari NDTV Food, Selasa (12/3).

2. Jus Bayam

Jus bayam merupakan sumber serat makanan yang sangat baik, meningkatkan rasa kenyang dan meningkatkan saluran pencernaan yang sehat. Apalagi bayam mengandung zat biokimia yang disebut thylakoids, yang dapat mengurangi lemak dan berat badan.

Studi menunjukkan bahwa mengambil ekstrak bayam yang kaya thylakoid dapat menyebabkan penurunan berat badan dengan menekan nafsu makan. Thylakoids yang ditemukan dalam bayam meningkatkan kadar hormon seperti glucagon-like peptide-1 (GLP-1), yang mengurangi nafsu makan.

Karena itu, disarankan minum jus bayam sebelum makan dapat berkontribusi pada penurunan berat badan dengan mengurangi asupan kalori Anda. Cara membuatnya, siapkan 1/2 mangkok bayam, 1 potong jahe segar 1 inci, 1 apel hijau, cincang, dan perasan lemon. Tempatkan semua bahan dalam blender dan haluskan.

3. Jus Wortel

Dikutip dari Times Now News, jus wortel sangat rendah kalori dan cukup mengenyangkan karena kandungan seratnya yang tinggi. Oleh karena itu, jus wortel adalah pengganti yang sangat baik untuk soda dan minuman manis lainnya ketika mencoba menurunkan berat badan atau membuang lemak perut yang tidak sehat.

Minum jus wortel merangsang sekresi empedu, yang dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda dan meningkatkan penurunan berat badan. Empedu adalah cairan yang membantu memecah lemak dan menyerap vitamin serta mineral yang larut dalam lemak dan air.

Jus wortel juga merupakan sumber vitamin B kompleks vitamin B1, B2 dan B6. Vitamin B ini memainkan peran penting dalam metabolisme lemak dan protein. Bahkan, menurunkan stres dan depresi yang semuanya dapat berkontribusi pada penurunan berat badan dan pembentukan otot.

Siapkan sekitar 4-5 wortel, kemudian blender dan saring jika perlu. Tambahkan sedikit lada hitam ke jus untuk meningkatkan rasanya.

4. Jus Bit

Jus bit dianggap sebagai salah satu minuman paling sehat untuk menurunkan berat badan. Dikemas dengan Vitamin C, serat makanan, nitrat, betanin, dan folat, yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan.

Selain itu bisa juga menurunkan tekanan darah, meningkatkan kekebalan tubuh dan dapat membantu mencegah kanker. Makanan super padat nutrisi ini dapat dimakan dipanggang atau direbus juga, tetapi membuat jus adalah cara terbaik untuk menikmati manfaatnya karena memasak mengurangi kandungan nutrisinya.

Jus bit sangat rendah kalori dan hampir tidak mengandung lemak, menjadikannya pilihan tepat untuk smoothie pagi hari sebagai bahan bakar bagi tubuh. Bit juga mengandung magnesium yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Leucine, asam amino yang secara alami terdapat dalam bit, telah terbukti mengurangi kadar lemak tubuh dengan meningkatkan ketersediaan protein dan massa otot.

Siapkan 1 buah bit yang dipotong dadu, 4 sendok makan jus jeruk nipis, ¼ gelas air. Masukkan bit ke dalam blender dengan ¼ gelas air. Blender hingga halus kemudian tuangkan. Tambahkan 2 sendok makan jus jeruk nipis.

5. Jus Seledri

Seledri mengandung sejumlah besar vitamin C dan K, serta folat, kalium dan antioksidan. Studi menunjukkan bahwa ini dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung.

Ditambah seledri mengandung rendah kalori dan bisa menjadi tambahan cerdas untuk program penurunan berat badan. Menurut Health Clevel And Clinic jus ini memiliki kandungan serat yang membuat Anda merasa kenyang dan berkontribusi untuk kesehatan usus yang baik. Selain itu jus seledri memiliki kandungan kalori dan gula yang relatif rendah.

Caranya, siapkan 2 apel hijau, 1 mentimun, 3 batang seledri, jahe segar 1 inci, segenggam kecil peterseli, dan jus lemon segar secukupnya.

Cuci bersih semua bahan lalu jus semua bahan tadi. Kemudian tambahkan jus lemon secukupnya seperti dikutip dari Raise Vegan.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Inriyani Sembiring

Copy Editor :

Resep 5 Jus Sayuran yang Berkhasiat Untuk Turunkan Berat Badan