JawaPos Radar

Makna di Balik Koleksi Batik Betawi Pesisir Karya ELEMWE

12/09/2018, 06:33 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
ELEMWE, batik betawi,
Pemilik dan sekaligus Desainer Label ELEMWE, Lily Mariasari bersama para perajin batik pesisir saat peluncuran platform online belanjaukm.com. (Rieska Virdhani/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Label fashion ELEMWE dikenal selalu menghadirkan koleksi busana kain Betawi. Berbagai motif khas kota Jakarta dituangkan dalam setiap koleksi busana ELEMWE. Dalam peluncuran platform online belanjaukm.com di Ancol Beach City, Selasa (11/9), ELEMWE menampilkan koleksi batik pesisir.

Sedikitnya ada 3 look yang dihadirkan dalam acara tersebut. Koleksi ELEMWE dibuat dalam konsep sarimbit atau berpasangan pria dan wanita dengan menggunakan batik Betawi. Batik pesisir Betawi tentu berbeda dengan batik modern.

"Kami hadirkan 3 look sarimbit berpasangan. Merupakan kerja sama dengan perajin Betawi pesisir. Mengangkat daerah-daerah pesisir Jakarta agar lebih dikenal juga," kata Pemilik dan sekaligus Desainer Label ELEMWE, Lily Mariasari.

Makna Batik Pesisir

Daerah pesisir Jakarta dulu dikenal sebagai kawasan Sunda Kelapa. Merupakan area perdagangan dan pelabuhan. Karena di daerah pantai, maka kehidupan masyarakatnya juga berbeda dengan budaya masyarakat di pusat kota Jakarta.

"Jakarta kan ada wilayah pinggiran. Kepulauan Seribu pun bagian dari Jakarta lho. Di sana ada banyak komunitas dan punya budaya. Maka kami menggandeng para perajin di pesisir untuk menuangkan cerita filosofis di setiap kain," jelas Lily.

Dengan menghadirkan 3 koleksi sarinbit berbalut bahan katun, Lily menjelaskan batik pesisir menceritakan kehidupan apa yang terjadi di pesisir Jakarta. Baik dari sisi seni budaya, flora dan fauna.

"Bercerita seputar lingkungan kehidupan masyarakat pesisir. Sebab semua di lokasi di Jakarta tentu punya cerita sendiri-sendiri sesuai sejarahnya. Kami berusaha mengangkat makna tersebut," tandasnya.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up