JawaPos Radar

Tetap Cantik, Hindari Penuaan Kulit Wajah Dengan Ekstrak Daun Kelor

12/05/2018, 07:50 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Tetap Cantik, Hindari Penuaan Kulit Wajah Dengan Ekstrak Daun Kelor
Racikan daun kelor yang bisa digunakan untuk masker. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Seiring bertambahnya usia, tanda penuaan pada wajah seperti kerutan akan terlihat. Berbagai macam perawatan pun sering dilakukan perempuan untuk mendapatkan kembali wajah yang kinclong. Termasuk perawatan alami di rumah.

Diungkapkan Profesor FG Winarno, pakar ilmu dan teknologi pangan saat media gathering bersama Mustika Ratu di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (11/5), saat ini terdapat cara aman perawatan kulit wajah dengan ekstrak daun kelor. Menurutnya, daun kelor sangat tepat untuk menutrisi kulit dan mencegah penuaan.

"Daun kelor atau moringa merupakan salah satu mega superfoods kaya zat gizi, antioksidan, dan phytochemical kimia yang sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit serta menghambat proses penuaan. Caranya bisa diseduh sebagai teh atau diolah dalam sayuran," ungkapnya.

Menurutnya daun kelor mengandung vitamin B5 yang sudah terbukti membantu dalam menghambat penuaan pada kulit. Selain itu juga mengandung antioksidan yang membantu menjaga kulit agar tidak kusam dan terhindar dari radikal bebas.

"Daun kelor juga bisa diolah menjadi minyak karena mengandung berbagai senyawa yang menguntungkan kesehatan kulit, diantaranya oksidative, anti mikroba, anti inflamasi, anti aging yang menghambat proses penuaan," lanjutnya.

Cara penyajian daun kelor sangat beragam, bisa dikonsumsi sehari-hari sebagai minuman teh maupun digunakan untuk masker treatment wajah. Tak hanya itu kelor bisa dimasukan sebagai campuran makanan atau di ekstrak bijinya.

Berdasarkan data riset terbaru, daun kelor yang dikonsumsi secara langsung sebagai sayuran akan menambah kadar dopamin dan serotonin yang terbukti memperbaiki mood dan hormon baik. Tak hanya itu, daun kelor terbukti memiliki kandungan gizi dan mineral tinggi yang ampuh untuk menurunkan kadar gula serta melancarkan produksi ASI.

(fid/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up