JawaPos Radar | Iklan Jitu

Tertarik Veneer Gigi, Ini Sejumlah Hal yang Perlu Diketahui Dahulu

12 Januari 2019, 09:35:59 WIB
Tertarik Veneer Gigi, Ini Sejumlah Hal yang Perlu Diketahui Dahulu
Pasien wajib mengkonsultasikan terlebih dahulu pada dokter gigi sebelum melakukan veneer agar aman. (Esmile Dental Care)
Share this

JawaPos.com - Veneer gigi memang sudah menjadi bagian gaya hidup orang yang ingin mempercantik penampilan gigi. Bahkan, orang yang memiliki penampilan gigi yang masih bagus saja tetap saja tertarik melakukan veneering.

Walau terlihat mudah prosesnya, pasien tetap memiliki tanggung jawab untuk menjaga gigi tersebut. Pertama, pasien wajib menjaga makanan yang dikonsumsi, sebaiknya untuk tidak makan makanan yang bertekstur keras dan berwarna.

"Makanan perlu dijaga, jangan makan terlalu keras. Kalau bisa dipotong dulu di luar baru dikunyah. Lalu, kalau makan makanan yang terlalu berwarna juga harus segera dikumur, sebaiknya dijaga fungsi makannya untuk mempertahankan long life veneer tersebut," kata Drg. Richyani Swanghayu Putri, MM, ketika ditemui di Klinik Jakarta Smile, Plaza Atrium Senen, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Tertarik Melakukan Veneer Gigi, Ini Syaratnya Yang Perlu Diketahui
Perbandingan sebelum dan sesudah vaneer gigi. (pixabay)

Kedua, pasien harus meluangkan waktu secara rutin dari mulai persiapan melakukan veneer hingga perawatan. Sebab, setelah melakukan veneer, pasien harus rajin melakukan perawatan walau sudah membersihkan gigi dan menjaga makan sebaik mungkin.

Mengingat, akan ada banyak efek buruk yang dialami pada gigi seperti radang gusi disebabkan karang gigi atau plak, gusi berdarah, bau mulut, gigi goyang karena jaringan penyangganya terganggu, lalu gigi akan berantakan.

Ketiga, konsultasikanlah sebelum melakukan veneer pada dokter gigi terpercaya agar proses dan hasil veneer tetap aman.

"Konsultasikan pada dokter gigi, karena dokter gigi pasti mempunyai pemahaman bagaimana jaringan gigi dan mulut yang sehat," tambah dokter Richyani Swanghayu Putri, MM.

Dia juga menambahkan bahwa dokter gigi sudah memiliki standard, sehingga tahu apa yang harus diperhatikan seperti tentang jaringan penyangga di gusi, jarak antara satu gigi dengan gigi yang lain, ketinggian, dan oklusi.

Editor           : Novianti Setuningsih
Reporter      : Inriyani Sembiring

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up